Disuntik Rp 2,1 Triliun, Ruangguru akan Ekspansi dan Tingkatkan SDM

Fahmi Ahmad Burhan
3 Januari 2020, 21:29
pendanaan ruangguru, ruangguru
Desy Setyowati|KATADATA
Pendiri sekaligus Chief of Product and Partnership Ruangguru Iman Usman (paling kiri) dan CEO sekaligus pendiri Ruangguru Adamas Belva Syah Devara (paling kanan).

Startup pendidikan Ruangguru mendapatkan pendanaan seri C senilai US$ 150 juta atau sekitar Rp 2,1 triliun dari modal ventura asal Amerika Serikat (AS), General Atlantic dan GGV Capital pada akhir 2019.

Pendiri sekaligus Direktur Produk dan Kemitraan Ruangguru Iman Usman mengungkapkan pendanaan tersebut akan digunakan untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM), pengembangan teknologi, dan ekspansi.

Iman mengatakan bahwa pihaknya ingin merekrut SDM lebih banyak lagi dari berbagai bidang. Adapun saat ini Ruangguru sudah memiliki 4.000 karyawan, 300 guru, dan 15 juta pengguna.

"Berbagai talent tidak hanya yang ada di Indonesia, tapi kita juga akan gaet potensi warga Indonesia yang ada di luar negeri untuk berkontribusi ke dunia pendidikan," ujarnya di Jakarta pada Jumat (3/1).

(Baca: Bukan SoftBank, Ruangguru Raih Pendanaan Rp 2,1 T dari Investor AS)

Kedua pendanaan tersebut akan digunakan untuk pengembangan teknologi. Iman mengatakan bahwa pengembangan teknologi jadi fokus utama Ruangguru untuk membuat sebuah pusat riset.

Nantinya, pusat riset tersebut akan berfungsi sebagai pengembangan data scientist. "Produk-produk yang diluncurkan Ruangguru harus terkonfirmasi berdasar data," tegas Iman.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...