Garuda Indonesia Maskapai Penerbangan Paling Tepat Waktu di Dunia 2019

Image title
3 Januari 2020, 18:46
garuda indonesia, maskapai tepat waktu,
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi pesawat milik Garuda Indonesia. Maskapai pelat merah ini mengukuhkan diri sebagai maskapai paling tepat waktu di dunia pada 2019 berdasarkan survei OAG Aviation Worldwide.

Garuda Indonesia dinobatkan sebagai maskapai penerbangan paling tepat waktu di dunia sepanjang 2019 versi OAG Aviation Worldwide Ltd. Maskapai pelat merah ini berhasil mencatatkan tingkat ketepatan waktu (on time performance/OTP) 95,01%.

Tingkat ketepatan waktu Garuda lebih baik dibandingkan Skymark Airlines asal Jepang dengan catatan OTP 90,12%, dan jauh lebih baik dibandingkan maskapai Singapore Airlines dengan catatan OTP 85,32%. Adapun pada posisi runner up dengan tingkat OTP 92,01% yaitu maskapai asal Panama, Copa Airline SA dengan OTP 92,01%.

"Beradasarkan hasil survei, Copa Airlines tiba atau berangkat dalam waktu 15 menit dari waktu yang dijadwalkan," dikutip dari Bloomberg, Jumat (3/1).

(Baca: Klaim Harga Tiket Pesawat Sangat Murah, Garuda: Lebih Murah dari Ojol)

Sedangkan menurut hasil survei yang dilakukan AirlineRatings.com maskapai penerbangan paling aman dan tepat waktu di dunia yaitu Qantas Airways Ltd., diikuti Air New Zealand Ltd, dan Taiwan Eva Airways Corp. Sedangkan, Singapore Airlines Ltd berada di urutan keenam.

Namun dari 20 maskapai yang masuk dalam daftar tersebut tidak ada nama Garuda Indonesia. AirlineRatings.com menjelaskan bahwa peringkat tersebut dinilai dari beberapa faktor, seperti pertimbangan audit oleh pemerintah dan badan industri, catatan insiden serius, profitabilitas, dan usia armada.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...