Jiwasraya Lunasi Utang Rp 218 Miliar ke BNI

Image title
3 Januari 2020, 05:55
Jiwasraya Lunasi Utang Rp 218 Miliar ke BNI
Adi Maulana Ibrahim | KATADATA
Ilustrasi. Kantor Jiwasraya

Bank Negara Indonesia (BNI) mengumumkan PT Asuransi Jiwasraya telah melunasi fasilitas kredit yang diberikan sejak 13 September 2018. Utang tersebut perlahan diselesaikan dari hasil penjualan jaminan berupa obligasi.

“Pada 31 Desember 2019 fasilitas kredit atas nama Jiwasraya sudah dilunasi dan rekening telah ditutup,” kata Sekretaris Perusahaan BNI Meiliana dalam keterbukaan informasinya, Kamis (2/1/2020).

Total kredit yang dikucurkan oleh BNI kepada perusahaan asuransi milik negara itu Rp 218 miliar, dan jatuh tempo pada 12 September 2023. Kredit tersebut dijamin dengan obligasi pemerintah dan surat utang korporasi senilai Rp 468 miliar atau dengan coverage ratio 214,7%.

Sebelumnya, Meiliana menyebutkan bahwa kredit yang dibayarkan oleh Jiwasraya memiliki kolektabilitas satu atau lancar. “Pemberian kredit aman dan memperhatikan prinsip kehati-hatian, karena dijamin obligasi pemerintah dan korporasi yang cukup likuid,” ujar dia, Jumat (27/12/2019).

(Baca: Disebut Pernah Suntik Modal Jiwasraya, Dahlan Iskan Beri Penjelasan)

Sebenarnya, Jiwasraya sedang mengalami tekanan likuditas. Kementerian Badan Usaha Milik Negara menyatakan kondisi tersebut terjadi sejak 2006. Saat itu, ekuitas Jiwasraya negatif Rp 3,29 triliun. Adapun pada akhir tahun lalu, ekuitas perusahaan tercatat minus Rp 10 triliun.

Sementara data per September 2019 yang dijabarkan Jiwasraya kepada Dewan Perwakilan Rakyat menyebutkan ekuitas perusahaan ini minus Rp 24 triliun. Salah satu yang membuat masalah keuangan Jiwasraya kian pelik yakni produk asuransi Saving Plan.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...