Tiga Negara Tawarkan Bantuan Desain Ibu Kota Baru

Image title
3 Januari 2020, 18:10
Menteri PUPR: 3 Negara Tawarkan Bantuan Desain Ibu Kota Baru.
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Foto area kawasan Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (28/8/2019). Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan ada negara yang menawarkan bantuan untuk mendesain Ibu Kota baru.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan ada negara yang menawarkan bantuan untuk mendesain Ibu Kota baru di provinsi Kalimantan Timur. Ketiganya siap mengirim delegasi terbaik guna membantu Indonesia.  

"Ada (konsultan) asing yang mau membantu, antara lain dari Amerika Serikat (AS), Jepang dan Tiongkok yang ingin membantu desain dan telah disampaikan oleh pemenang desainnya seperti apa," kata Basuki usai menggelar pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Jumat (3/1).

Menurut dia, bantuan itu diberikan dalam bentuk hibah sebagai bentuk kerja sama bilateral dengan Indonesia. Oleh karena itu, terkait bantuan tersebut, Basuki menyebut tidak ada kewajiban bagi Indonesia untuk memberikan timbal balik.

Meski begitu, pemerintah belum memutuskan apakah akan menerima tawaran tersebut. "Belum ada pembicaraan untuk pembangunannya, yang tadi baru untuk desainnya," kata dia.

(Baca: Pemerintah Jamin Ibu Kota Baru Bebas Banjir)

Lebih lanjut, Basuki menjelaskan setelah mendapatkan masukan dari presiden, para konsultan pemenang sayembara akan diberi kesempatan untuk menentukan konsultan asing yang diajak berkolaborasi. Hal itu juga mempertimbangkan kompetensi dan pengalaman pemenang sayembara sebagai konsultan tata kota.

"Konsultan pemenang ini kan mereka berpengalaman, jadi nanti akan dibicarakan dulu konsultan-konsultan mana yg akan dipakai," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...