Pengguna Xiaomi, OPPO, dan Vivo Bisa Saling Transfer Data Lebih Mudah

Fahmi Ahmad Burhan
7 Januari 2020, 11:06
transfer data, xiaomi, oppo, vivo, ponsel china, ponsel android
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi. Ponsel Android sebenarnya sudah memiliki fitur transfer data tanpa internet, yakni Android Beam. Namun, terkendala oleh kebutuhan NFC yang tak selalu tersedia di seluruh model ponsel.

Tiga raksasa smartphone asal Tiongkok, Xiaomi, OPPO, dan Vivo membentuk aliansi transmisi peer to peer  atau P2P untuk mengembangkan teknologi transfer data nirkabel tanpa koneksi internet.  Fitur transfer ini bakal tersedia di ketiga merek ponsel tersebut pada Februari 2020.

Adapun teknologi tersebut memungkinkan pengguna ketiga ponsel ini dapat mengirimkan file, gambar, dan video tanpa perlu koneksi internet.Transfer file akan  dipindai menggunakan Bluetooth Low Energy  atau BLE dan mentransmisikan file menggunakan teknologi Wi-Fi P2P yang lebih cepat daripada Bluetooth. Kecepatan transfer rata-rata bisa sampai 20 MB per detik.

"Kemitraan tiga merek ini bertujuan untuk membawa jutaan pengguna OPPO, Vivo dan Xiaomi di seluruh dunia berbagi file yang lebih mudah dan lebih berpusat pada pengguna," ujar Vice President of OPPO sekaligus President of the company’s software engineering business division, Andy Wu, seperti dilansir Future IoT pada Senin (6/1). 

(Baca: Iklan Bakal Muncul di WhatsApp Mulai Tahun Ini )

Ia mengatakan, aliansi pun terbuka apabila ada merek lain yang ingin bergabung. "Kami juga menyambut merek smartphone Android lainnya untuk terlibat dan memberikan pengalaman yang lebih terbuka, mudah, dan interaktif bagi pengguna," kata Andy.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...