Tanggapan BMKG atas Peringatan Hujan Besar dari Kedubes AS

Pingit Aria
8 Januari 2020, 11:48
BMKG, hujan besar, banjir Jakarta, Kedubes AS
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Seorang warga melintasi banjir di kawasan Kampung Baru, Kembangan, Jakarta Barat, Kamis (2/1/2020).

Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Indonesia memberikan peringatan mengenai prakiraan cuaca buruk di Jakarta. Lewat situs resminya, Kedubes AS menyebutkan Jakarta akan diguyur hujan yang luar biasa hingga Minggu, 12 Januari.

Saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat memang masih ada di Jakarta, terutama pada periode 9 - 12 Januari 2020.

(Baca: Banjir Bandang di Lebak, Jokowi Minta Penambangan Emas Ilegal Disetop

“Namun kami memprediksi intensitas hujannya tidak seekstrim curah hujan pada 1 Januari 2020 lalu,” demikian dikutip dari keterangan resmi BMKG, Rabu (8/1).

Sebelumnya, Kedubes AS juga menyebutkan potensi terjadi badai dan angin kencang dengan kemungkinan menyebabkan banjir, tanah longsor, pemadaman listrik, dan kondisi perjalanan yang sulit di seluruh wilayah Jakarta.

Terkait hal itu, Kedubes AS menyarankan agar warganya yang tinggal di Jakarta melakukan beberapa hal. Di antaranya, mempersiapkan rencana tanggap darurat, mengikuti berita terkini, dan memantau informasi cuaca dari otoritas Indonesia. Mereka juga disarankan mengikuti akun media sosial resmi dari Kedubes AS.

(Baca: Kronologi Gedung Empat Lantai Ambruk di Palmerah Lukai Belasan Orang)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...