Google Asisstant Makin Canggih, Punya Enam Fitur Baru

Penulis: Fahmi Ahmad Burhan

Editor: Agustiyanti

9/1/2020, 12.24 WIB

Google Assistant menambah enam fitur baru. Salah satunya kemampuan membacakan artikel lebih panjang dan menerjemahkan dalam 42 bahasa.

Google Assistant, Google, Fitur baru google asisstant
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Ilustrasi. Salah satu fitur baru Google Asisstant adalah kemampuan membaca artikel lebih panjang dengan suara keras.

Google Assistant menambah enam fitur baru yang diperkenalkan di gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2020. Salah satunya, dapat membacakan audiobooks dan emails lebih panjang dan menerjemahkannya dalam 42 bahasa.

Ketika pengguna mengatakan "Hai, Google, baca halaman ini," maka Google Assistant akan membaca teks yang ada di layar.  Google Assistant saat ini sudah dapat membaca buku audio dan email. Adapun Google mengembangkan teknologinya untuk dapat membaca artikel lebih panjang dan dengan suara keras. Fitur baru ini sudah tersedia bulan depan.

"Anda juga dapat menerjemahkannya ke dalam 42 bahasa," dikutip dari CNET pada Rabu (8/1).

Sementara fitur lain yang diperkenalkan, yakni dapat menautkan akun pengguna ke perangkat rumah pintar yang tidak dibuat oleh Google. Beberapa perangkat rumah pintar seperti C smart light bulbs atau Ecobee smart thermostat bakal dapat terkoneksi dengan Google Assistant.

(Baca: Google Makin Canggih, Ada Inovasi Terbaru dari Maps hingga Search)

Ada lagi fitur penjadwalan yang bisa digunakan untuk penggunaan beberapa perangkat rumah pintar, seperti microwave, TV, atau colokan pintar. Pengguna bisa mengendalikannya menggunakan fitur baru tersebut.

Fitur lainnya, pengguna bisa meninggalkan catatan rumah tangga, membuat panggilan cepat untuk kontak darurat, dan mengontrol privasi pengguna.

Di akhir tahun lalu, Google Assistant mengenalkan beragam layanan yang sudah ada, seperti bertransaksi dan memesan makanan. Pengguna yang ingin mengecek saldo lewat Mobile-banking BCA atau memesan makanan lewat layanan Go-Food di Gojek dimudahkan dengan Google Assistant. 

(Baca: Google Kembangkan 5 Fitur untuk Keamanan Data Pengguna)

Google Assistant Program & NBU Lead Nimesh Ranjan mengatakan, layanan assistant kini semakin mudah diakses oleh pengguna. "Pesan martabak dari Gojek. Lalu perintah ini bakal langsung memunculkan daftar penjual martabak terdekat dan Anda bisa langsung melacak pesenanannya juga," kata Nimesh.

Ia mengatakan, Google Assistant juga tengah melakukan piloting project melalui Phone Line Indosat Oooredoo. Nantinya, pengguna bisa menggunakan layanan assistant melalui telepon bebas pulsa tanpa koneksi internet hanya dengan menelepon nomor 696. Proyek ini telah dilakukan di wilayah Sukabumi, Medan, Kediri, Karawang, dan Jombang.

"Penelepon yang paling aktif menanyakan hingga 50 pertanyaan tiap hari untuk mencari informasi, seperti skor pertandingan sepakbola, mendengarkan berita, menanyakan soal cuaca, dan sebagainya," ujarnya.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan