IHSG Diprediksi Terus Turun, Beberapa Saham Blue Chip Direkomendasikan

Image title
9 Januari 2020, 06:36
IHSG, IHSG melemah, rekomendasi saham, konflik AS-Iran, Iran vs Amerika
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Ilustrasi. IHSG pada perdagangan Rabu (8/1) melemah 0,85% di level 6.225,69.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari Kamis (9/1), diramal melemah secara teknikal. Perkembangan konflik antara Amerika Serikat dan Iran akan menjadi sentimen utama penggerak indeks. 

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan memprediksi IHSG bergerak terkoreksi dalam jangka pendek dengan area support pada rentang 6.213 hingga 6.199. Adapun indeks, berpotensi bergerak di area resistance di rentang 6.263 hingga 6.245.

"IHSG diprediksi melanjutkan pelemahan dimana perhatian investor masih akan tertuju kelanjutan dari perang antara Amerika Serikat dan Iran," kata Dennies dalam risetnya.

Kendati indeks akan bergerak turun, menurut Dennies, sejumlah saham dapat menjadi pilihan, seperti PT Aneka Tambang Tbk atau ANTM, PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk atau CPIN, dan PT Surya Citra Media Tbk atau SCMA.

(Baca: Manfaatkan Konflik AS-Iran, Analis Rekomendasikan Saham Emiten Emas)

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi juga memperkirakan indeks bergerak turun berdasarkan analisis teknikal. Namun, reaksi AS atas serangan yang dilakukan Iran akan menjadi penggerak indeks. 

Mengutip Reuters, Presiden AS Donald Trump mengatakan AS tidak perlu menanggapi secara militer serangan Iran terhadap pangkalan militer yang menampung pasukan AS di Irak, berupaya meredam konflik antara kedua negara. Trump mengatakan tidak ada orang Amerika yang terluka dalam serangan semalam.

Adapun serangan Iran merupakan tindakan pembalasan atas serangan 3 Januari yang menewaskan komandan Iran Qassem Soleimani.

“Kenyataan bahwa kita memiliki peralatan dan militer yang hebat ini, tidak berarti kita harus menggunakannya. Kami tidak ingin menggunakannya. Kekuatan Amerika, baik militer maupun ekonomi, adalah pencegah terbaik, ”katanya.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...