Netflix Respons Keinginan Menteri Kominfo Tambah Penayangan Film Lokal

Cindy Mutia Annur
9 Januari 2020, 15:47
Netflix Respons Keinginan Menteri Kominfo untuk meningkatkan Penayangan Film Lokal
Google Play Store
Ilustrasi tampilan Netflix.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny Plate ingin Netflix meningkatkan penayangan film Indonesia di platform-nya. Perusahaan penyedia layanan video on-demand (VoD) itu pun mengkaji permintaan tersebut.

Head of Communications Netflix Asia Pacific Leigh Wong mengatakan, film Indonesia bisa berkompetisi di kancah internasional. Namun, untuk meningkatkan penayangan film lokal, perlu ada kajian lebih lanjut.

Advertisement

“Kami ingin melihat lebih banyak kisah ditampilkan dari Indonesia,” kata Leigh di Jakarta, hari ini (9/1).

Saat ini, perusahaan menganggarkan US$ 1 juta atau sekitar Rp 14 miliar untuk memberikan pelatihan kepada penulis naskah (script writer) dan sineas Indonesia. Netflix juga mengadakan kompetisi film pendek dengan hadiah US$ 600 ribu atau sekitar Rp 8,3 miliar.

(Baca: Menteri Kominfo Ingin Film Indonesia yang Tayang di Netflix Meningkat)

“Kami berharap dapat menemukan kisah Netflix apa yang bisa ditampilkan dari inisiatif ini,” kata dia. Hanya saja, ia tidak ingat berapa jumlah film lokal yang sudah tayang di platform Netflix.

Sebelumnya, Menteri Johnny Plate mengatakan, Netflix memang sudah menyediakan film Tanah Air di platform-nya sejak 2018. “Sekarang kami minta supaya film Indonesia yang tayang di Netflix itu diperbanyak. Mendukung sineas original RI,” kata dia di Jakarta, kemarin (8/1).

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement