Dukung Film Indonesia, Netflix Anggarkan Rp 14 M dan Gaet Kemendikbud

Cindy Mutia Annur
9 Januari 2020, 15:24
Dukung Film Indonesia, Netflix Anggarkan Rp 14 Miliar dan Gaet Kemendikbud
Katadata/cindy mutia annur
Mendikbud Nadiem Makarim dan Managing Director Netflix Asia Pacific Kuek Yu-Chuang saat menghadiri acara kerja sama.

Netflix mengalokaskan dana US$ 1 juta atau sekitar Rp 14 miliar untuk pelatihan penulis naskah (script writer) dan kompetisi bagi sineas lokal. Hal ini merupakan bagian untuk mendukung industri perfilman Indonesia.

Perusahaan penyedia layanan video on-demand (VoD) itu pun menggaet Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, pengembangan talenta di industri perfilman sangat penting.

"Dengan begitu, daya tarik Indonesia akan semakin besar sebagai destinasi bagi produksi film internasional," ujar Nadiem di kantornya, Jakarta, hari ini (9/1).

Sejalan dengan kerja sama itu, Kemendikbud dan Netflix bakal menggelar pelatihan bagi 100 penulis naskah di Indonesia. Sedangkan 10 penulis naskah akan mengikuti pelatihan (workshop) di Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

(Baca: Menteri Kominfo Ingin Film Indonesia yang Tayang di Netflix Meningkat)

Selain itu, akan diadakan kompetisi film pendek bertemakan Pancasila. Pemenang lomba akan mendapat hadiah biaya produksi film US$ 600 ribu atau sekitar Rp 8,3 miliar. “Itu lumayan untuk memproduksi film pendek," kata Nadiem.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...