Tampilan Aplikasi hingga Promosi Jadi Tren Gaet Konsumen Tahun Ini

Fahmi Ahmad Burhan
10 Januari 2020, 19:44
Tampilan Aplikasi hingga Promosi Jadi Tren Gaet Konsumen Tahun Ini
Katadata/desy setyowati
Ilustrasi diskon fintech pembayaran di Mal Ciputra.

Startup Indonesia, SurveySensum menyebutkan, ada enam strategi menggaet konsumen yang bakal menjadi tren tahun ini. Dua di antaranya memperkuat tampilan aplikasi dan promosi.

Beberapa startup seperti OVO, GoPay, LinkAja, dan DANA memang ingin mengurangi strategi ‘bakar uang’. Namun, SurveySensum memperkirakan, program loyalitas tetap menjadi tren tahun ini.

Advertisement

Tiga dari lima responden SurveySensum mempertimbangkan untuk bergabung dengan program loyalitas jika ditawarkan merek favorit mereka. Konsumen loyal bahkan berbelanja 250% lebih tinggi dibanding yang biasa. 

CEO SurveySensum Rajiv Lamba mengatakan, untuk meningkatkan loyalitas konsumen, perusahaan perlu memperkuat pengalaman pengguna. “Menempatkan customer experience sebagai prioritas utama dan membuat konsumen merasa didengar dan dihargai, akan dapat menikmati keuntungan yang berlipat,” katanya dalam siaran pers, kemarin (9/1).

(Baca: Tips Pemasaran Era Digital: Dari Urusan Kata Kunci hingga Influencer)

Biasanya, perusahaan berfokus pada tampilan aplikasi guna meningkatkan pengalaman pengguna alias user interface and user experience (UI/UX). Banyak juga startup yang menyediakan skema layanan Online to Offline (O2O) untuk menggaet konsumen yang minim terpapar teknologi.

Berdasarkan riset SurveySensum, 67% dari 1.000 responden akan beralih ke merek lain karena pengalaman bertransaksi kurang baik.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement