DPR Kritik KPK Karena Umumkan Rencana Penggeledahan Kantor PDIP

Dimas Jarot Bayu
13 Januari 2020, 19:47
kpk, geledah kantor pdip, dpr
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Ruang kerja Komisioner KPU Wahyu Setiawan yang disegel KPK di Jakarta, Kamis (9/1/2020). Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa mengatakan pengumuman KPK untuk menggeledah kantor PDIP adalah bukti pelemahan komisi antirasuah itu.

Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa menyebut rencana penggeledahan kantor PDI Perjuangan oleh  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan sia-sia. Selain itu pengumuman KPK untuk memeriksa markas partai banteng itu dianggap bukti Undang-undang dan pimpinan baru telah melemahkan komisi antirasuah.

Sebelumnya Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar mengatakan mereka menunggu izin Dewan Pengawas untuk menggeledah kantor PDI Perjuangan. Desmond mengatakan rencana ini seharusnya tidak diumumkan apalagi pemeriksaan dilakukan untuk mencari barang bukti.

Advertisement

 “Kalau diumumkan sepekan kemudian digeledah, itu namanya omong kosong,” kata Desmond di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (13/1). 

(Baca: KPK Gandeng Imigrasi Cari Kader PDIP Harun Masiku di Luar Negeri)

Atas dasar itu, Desmond meminta agar pemerintah dapat merespon hal tersebut dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) tentang KPK. Selain itu, dia meminta pemerintah membuat aturan mengenai petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis terkait hubungan Dewan Pengawas dan pimpinan KPK.

Lebih lanjut, Desmond meminta agar para pimpinan KPK membuktikan bahwa mereka dapat bekerja dengan baik. “Inilah tantangan Komisioner KPK hari ini,” ucap Desmond.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement