Harga Emas & Logam Mulia Antam Stabil Jelang Damai Dagang AS-Tiongkok

Penulis: Happy Fajrian

15/1/2020, 10.38 WIB

Harga emas stabil karena sikap hati-hati investor mengantisipasi perkembangan yang tidak diinginkan pada perjanjian dagang AS-Tiongkok.

harga emas, harga emas dunia, harga emas antam, logam mulia antam, perjanjian dagang as tiongkok,
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
Ilustrasi perhiasan emas. Harga emas dunia dan Antam pagi ini, Rabu (15/1), stabil jelang penandatanganan perjanjian dagang tahap I AS-Tiongkok.

Harga emas dunia pada perdagangan hari ini, Rabu (15/1), berbalik naik setelah pada penutupan Selasa (14/1) masih melanjutkan tren penurunannya. Hari ini harga emas baik di pasar spot maupun pasar berjangka Comex berada pada kisaran US$ 1.552 per ons.

Pada penutupan Selasa, harga emas di pasar spot turun tipis US$ 1,44 atau 0,09% ke level US$ 1.546,44 per ons. Sedangkan pagi ini harganya naik 0,37% ke level US$ 1.552,05 per ons.

Di pasar berjangka Comex, kemarin emas ditutup pada level US$ 1.547 per ons atau turun 0,23% dari sehari sebelumnya di level US$ 1.550,6 per ons. Hari ini harga emas di pasar berjangka berbalik naik 0,52% menjadi US$ 1.552,7 per ons.

Turunnya harga emas kemarin didorong oleh sentimen meredanya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok, seiring akan ditandatanganinya perjanjian dagang tahap I hari ini.

(Baca: Pernyataan AS soal Tarif Tiongkok Bawa Rupiah Melemah ke Rp 13.684/US$)

Optimisme yang bangkit membuat investor kembali memburu aset berisiko seperti saham, sehingga menurunkan permintaan terhadap aset safe haven seperti emas. Namun beredar kabar bahwa AS akan mempertahankan tarifnya terhadap produk Tiongkok setidaknya hingga pemilu pada November 2020.

Penghapusan tarif terhadap produk Tiongkok nantinya pun akan bergantung pada konsistensi Tiongkok dalam mematuhi poin-poin dalam perjanjian dagang tahap I.

Kabar tersebut membuat investor lebih berhati-hati seandainya terjadi perkembangan yang tidak diinginkan antara AS dan Tiongkok. Alhasil, harga emas pun berbalik naik pagi ini seiring dengan kinerja bursa saham yang tertekan sikap hati-hati investor tersebut.

Tidak hanya Wall Street yang ditutup dengan kinerja negatif pada Selasa, pagi ini, nyaris seluruh bursa utama Asia pagi ini bergerak di zona merah. Adapun indeks Nasdaq dan S&P 500 turun masing-masing 0,24% dan 0,15%, sedangkan Dow Jones naik 0,11%.

(Baca: Perjanjian Dagang AS-Tiongkok Diteken Hari ini, IHSG Diprediksi Naik)

Sementara seluruh indeks utama di Asia pagi ini, termasuk indeks harga saham gabungan (IHSG) kompak terkoreksi, yang dipimpin indeks Shanghai Composite yang turun 0,63% serta Hang Seng 0,59%.

Dengan harga emas dunia yang bergerak relatif stabil, harga emas batangan Antam pun tidak mengalami perubahan. Hari ini, emas di butik Logam Mulia Antam dijual dengan harga Rp 767.000 per gram. Sama halnya dengan harga jual kembalinya yang tetap di level Rp 679.000 per gram.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan