Harga Emas & Logam Mulia Antam Stabil Jelang Damai Dagang AS-Tiongkok

Happy Fajrian
15 Januari 2020, 10:38
harga emas, harga emas dunia, harga emas antam, logam mulia antam, perjanjian dagang as tiongkok,
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
Ilustrasi perhiasan emas. Harga emas dunia dan Antam pagi ini, Rabu (15/1), stabil jelang penandatanganan perjanjian dagang tahap I AS-Tiongkok.

Harga emas dunia pada perdagangan hari ini, Rabu (15/1), berbalik naik setelah pada penutupan Selasa (14/1) masih melanjutkan tren penurunannya. Hari ini harga emas baik di pasar spot maupun pasar berjangka Comex berada pada kisaran US$ 1.552 per ons.

Pada penutupan Selasa, harga emas di pasar spot turun tipis US$ 1,44 atau 0,09% ke level US$ 1.546,44 per ons. Sedangkan pagi ini harganya naik 0,37% ke level US$ 1.552,05 per ons.

Advertisement

Di pasar berjangka Comex, kemarin emas ditutup pada level US$ 1.547 per ons atau turun 0,23% dari sehari sebelumnya di level US$ 1.550,6 per ons. Hari ini harga emas di pasar berjangka berbalik naik 0,52% menjadi US$ 1.552,7 per ons.

Turunnya harga emas kemarin didorong oleh sentimen meredanya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok, seiring akan ditandatanganinya perjanjian dagang tahap I hari ini.

(Baca: Pernyataan AS soal Tarif Tiongkok Bawa Rupiah Melemah ke Rp 13.684/US$)

Optimisme yang bangkit membuat investor kembali memburu aset berisiko seperti saham, sehingga menurunkan permintaan terhadap aset safe haven seperti emas. Namun beredar kabar bahwa AS akan mempertahankan tarifnya terhadap produk Tiongkok setidaknya hingga pemilu pada November 2020.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement