Rupiah Mengawali 2020 Paling Kuat di ASEAN, Berikut Faktornya

Agustiyanti
21 Januari 2020, 06:30
rupiah, nilai tukar, rupiah menguat, mata uang ASEAN, rupiah paling kuat, faktor rupiah menguat
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. Rupiah sejak penutupan akhir tahun lalu hingga perdagangan Senin (20/01) rupiah telah menguat 1,64% ke posisi Rp 13.639 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah pada perdagangan awal tahun ini terus bergerak menguat bahkan sempat menyentuh level Rp 13.627 per dolar AS, terkuat sejak Maret 2018. Rupiah bahkan tercatat paling kuat di antara mata uang negara ASEAN dalam hampir tiga pekan pertama tahun ini.

Mengutip Bloomberg, sejak penutupan akhir tahun lalu hingga perdagangan Senin (20/01) rupiah telah menguat 1,64% ke posisi Rp 13.639 per dolar AS. Penguatan rupiah terjadi saat mata uang negara ASEAN dan sejumlah mata uang Asia lainnya melemah.

Advertisement

Tahun lalu, performa terbaik mata uang Asia terbaik dimenangkan oleh baht Thailand. Namun, mengawali tahun ini, mata uang Negara Gajah ini berbalik melemah 2,2%. Peso Filipina juga lunglai 0,61%, dolar Singapura 0,13%, kip Laos 0,03%, dolar Brunei 0,23%.

Sementara itu, ringgit Malaysia menguat 0,77%, kyat Myanmar 1,56%, riel Kamboja 0,05%, dan dong Vietnam 0,01%.

(Baca: Belum Intervensi, BI Ingin Rupiah Terus Menguat)

Kepala Ekonom PT Bank Central Asia Tbk David Sumual menyebut faktor utama yang mendorong penguatan rupiah saat ini adalah derasnya aliran modal asing yang masuk ke Indonesia. Di awal tahun, menurut dia, para manajer investasi biasanya melakukan reposisi aset dan Indonesia merupakan salah satu negara dengan imbal hasil yang menarik.

"Indonesia dianggap masih menarik dari sisi imbal hasil, terbukti dari hasil lelang yang cukup bagus," ujar David kepada Katadata.co.id.

BI sebelumnya mencatat aliran modal asing yang masuk dalam 10 hari pertama tahun ini mencapai Rp 10 triliun. Jumlah tersebut pun diperkirakan sudah meningkat signifikan saat ini.

"Saya belum lihat angkanya, tapi dana asing di obligasi sudah masuk Rp 15 triliun awal tahun ini," kata David.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement