Kisruh Penebangan Pohon pada Proyek Revitalisasi Monas

Sorta Tobing
22 Januari 2020, 18:20
revitalisasi monas, penebangan pohon di monas, kontraktor monas
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Suasana revitalisasi Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta, Senin (20/1/2020). Pemprov DKI Jakarta melakukan revitalisasi kawasan Monas dengan menebang kurang lebih 190 pohon untuk dibangun plaza yang akan dilengkapi dengan fasilitas publik yang ditargetkan selesai pada Februari 2020.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang merevitalisasi Monumen Nasional. Pohon-pohon rindang yang membuat hijau kawasan seluas 80 hektare ini sebagian telah ditebang demi melancarkan proyek tersebut.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Monas Isa Sanuri membantah penebangan pohon itu. “Bukan ditebang. Pohon-pohonnya dipindahkan,” kata Isa, Senin (20/1), seperti dilansir dari Antara.

Lokasi pohon-pohon yang dipindah berasal dari kawasan utara. Untuk yang berukuran besar, berjumlah 150 batang, akan bergeser ke bagian selatan. Yang kecil, berjumlah 55 batang, akan ditanam di bagian timur dan barat.

Pemerintah provinsi berjanji tak akan sekadar memindahkan tanaman. “Kami jadikan ruang terbuka hijau,” ucapnya.

Revitalisasi Monas targetnya akan memakan waktu tiga tahun, dari 2019 sampai 2022. Mengutip dari Kompas.com, Pemprov DKI Jakarta akan membangun lapangan plaza di wilayah selatan, timur, dan barat.

Selain itu, sebuah kolam juga akan dibangun untuk menampilkan refleksi monumen setinggi 132 meter itu. Lalu, ada pula jalur pejalan kaki yang menghubungkan kawasan Monas dengan Masjid Istiqlal dan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengakui ada anggaran untuk merevitalisasi Monas sebesar Rp114,47 miliar. Namun dia menegaskan bahwa anggaran itu bukan untuk penebangan pohon.

(Baca: Ledakan di Monas, Kegiatan di Istana Presiden Berjalan Normal)

Namun, saat ini beberapa bagian Monas yang biasa terlihat hijau dan asri sudah mulai gundul. Akun resmi Twitter Komunitas Pejalan Kaki memprotes hal itu. “Dalam sejarah pembangunan kota, pemerintah selalu berjanji untuk mengganti pohon yang ditebang. Tapi sampai sekarang tidak jelas di mana pohon pengganti tersebut,” kicau @trotoarian.

Bahkan arsitek yang memenangkan sayembara desain revitalisasi tersebut, Tim LABO, ikut bersuara. Plaza Monas bagian selatan, menurut mereka, merupakan satu elemen penting yang menguatkan sumbu utara-selatan dari Taman Medan Merdeka.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...