Cegah Virus Corona Menyebar, Tiongkok Isolasi Kota Wuhan

Ameidyo Daud Nasution
23 Januari 2020, 16:18
virus corona, kota wuhan, tiongkok
ANTARA FOTO/REUTERS/Tyrone Si
Anak-anak memakai masker untuk mencegah penularan virus corona baru di Hong Kong. Otoritas setempat hari Kamis (23/1) telah menutup kota Wuhan yang merupakan lokasi awal munculnya virus corona.

Pemerintah Tiongkok memutuskan untuk menutup akses kota Wuhan guna mencegah penyebaran virus corona ke wilayah lain. Virus yang telah merenggut nyawa 17 orang ini diduga muncul pertama kali di pasar ikan Wuhan sebelum menyebar ke Beijing, Hong Kong, hingga Amerika Serikat.

Otoritas setempat mengatakan seluruh layanan transportasi publik seperti kereta, bus, dan kapal feri telah ditutup. Begitu pula penerbangan domestik dan internasional telah disetop pukul 10.00 waktu setempat. Tak hanya itu otoritas setempat juga menutup akses jalan tol dari dan menuju ibu kota Provinsi Hubei itu.

Mereka juga memerintahkan 11 juta penduduk Wuhan tidak meninggalkan kota. Sampai saat berita ini ditulis, pukul 15.30 WIB, belum ada pemberitahuan sampai kapan kota ini diisolasi pemerintah.

“Untuk menghentikan penyebaran virus dan menjamin keselamatan masyarakat,” demikian bunyi pemberitahuan pemerintah setempat yang dilansir dari Xinhua, Kamis (23/1).

(Baca: Virus Corona Wuhan, Berasal dari Ular dan Telah Menyebar ke 5 Negara )

Usai kota tersebut diisolasi, penduduk lalu pergi ke rumah sakit terdekat untuk memeriksa kondisinya. Selain itu mereka juga mengantri di pusat perbelanjaan untuk membeli pasokan keperluan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...