Kemenkes: Pasien Suspek Virus Corona di RSPI Hanya Infeksi Pernapasan

Image title
25 Januari 2020, 12:50
Kemenkes: Pasien Suspect Virus Corona di RSPI Hanya Infeksi Pernapasan.
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) mengoperasikan alat deteksi suhu tubuh atau "thermoscan" di Bandara Adi Soemarmo,Jawa Tengah, Rabu (22/1/2020). Kemenkes manyatakan, pasien yang dirawat di RSPI akibat diduga terpapar virus corona negatif menderita penyakit tersebut.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan pasien yang dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso lantaran diduga terpapar virus corona  dipastikan negatif.  Hal ini diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium kepada pasien.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Achmad Yurianto mengatakan sejak awal pihaknya meyakini bahwa pasien yang dirawat negatif terpapar virus corona. Sebab, berdasarkan keluhan klinis yang disampaikan pasien tidak sepenuhnya sesuai dengan gejala pasien suspect virus.

"Sejak awal kami sudah tidak percaya karena keluhan fisiknya tidak sesuai. Tapi sesuai prosedur,  pasien tetap kami periksa semua penyebabnya, karena ini kan penyakit menular," ujar Achmad  saat dihubungi Katadata.co.id, Sabtu (25/1).

(Baca: Korban Meninggal Corona Bertambah jadi 41 dan 1.300 Orang Terinfeksi)

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih mendetil, ternyata diketahui bahwa pasien hanya mengidap infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Meski begitu, pihaknya tetap merespon dengan baik keluhan yang disampaikan pasien tersebut.

"Kami periksa semuanya termasuk corona-nya juga hasilnya negatif. Pasiennya sudah membaik sekarang. Sangat tidak mungkin kalau corona dalam waktu tiga hari sudah segar bugar," katanya.

Dia menyebut, pagi ini pasien sebenarnya sudah dapat dipulangkan. Hanya saja, pasien meminta Rumah Sakit melakukan perawatan untuk pemulihan lebih lanjut.

"Pihak keluarga masih khawatir. Dia minta masih pengen di RS untuk memastikan. Ya tidak apa apa," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...