Bumi Resources Pastikan Uji Produksi Emas Poboya Berjalan Lancar

Image title
27 Januari 2020, 16:33
bumi minerals, tambang emas poboya, tambang emas, uji produksi
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
Ilustrasi. Bumi Resources Minerals telah menguji produksi tambang emas Poboya dan menghasilkan 297 dore bullion dengan kandungan emas di atas 45%.

PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) telah memulai uji produksi di fasilitas tambang emas yang terletak di Poboya, Palu, Sulawesi Tengah. Uji coba tersebut telah memproduksi 297 gram dore bullion (batangan logam yang mengandung campuran emas dan perak) dengan kandungan emas diatas 45%.

Direktur Utama Bumi Resources Minerals Suseno Kramadibrata menjelaskan pengujianwet run (dengan muatan) telah berhasil diselesaikan pada 22 Januari lalu. Kemudian, uji coba produksi dilakukan pada 23 Januari 2020. Pengujian ini diperlukan untuk memastikan bahwa mesin dan peralatan dapat digunakan.

"Kami berhasil memproduksi 297 gram dore bullion. Jumlah ini cukup untuk memastikan bahwa fasilitas produksi kami berjalan lancar," kata Suseno, dalam keterangan resminya, Senin (27/1).

(Baca: Bumi Resources: Pembangunan Fasilitas Tambang Emas Poboya Capai 90%)

Adapun tambang tersebut dikelola oleh anak usaha BRMS yakni PT Citra Palu Minerals (CPM), dengan kepemilikan saham 96.97%. Tambang tersebut memiliki luas konsesi konsesi tambang emas seluas 85.180 hektare (ha).

Tambang tersebut diestimasikan memiliki cadangan bijih sebesar 3,9 juta ton dan sumber daya bijih sebesar 7,9 juta ton, dengan kadar emas diatas 4 gram/ton.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...