Bangun Smelter, Bumi Minerals Jajaki Kerja Sama dengan Freeport

Image title
6 November 2019, 15:05
Bumi Resources Minerals, Smelter, Freeport, Gorontalo Minerals
Wahyu Dwi Jayanti | KATADATA
Ilustrasi pabrik pemurnian tembaga. PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) membuka peluang kerja sama terkait proyek smelter denga Freeport dan Amman Mineral.

PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) membuka peluang kerja sama terkait proyek pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) tembaga dan emas dengan PT Amman Mineral dan PT Freeport Indonesia (PTFI). Langkah sesuai dengan peraturan pemerintah yang mewajibkan perusahaan tambang mineral untuk membangun smelter.

Penjajakan kerja sama itu dilakukan oleh anak usaha Bumi Resources yaitu PT Gorontalo Minerals yang memiliki wilayah konsesi di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

"Kami sedang ada penjajakan dengan Amman dan Freeport. Sekarang tinggal dimana didirikan, antara Kalimantan, Sulawesi atau Sumbawa," ujar Direktur Bumi Resources  Muhammad Sulthon di Jakarta, Rabu (6/11).

Menurutnya, ketiganya memiliki opsi terbuka untuk membentuk perusahaan patungan (joint vanture).

(Baca: Harga Batu Bara Merosot, Laba Bersih Bumi Resources Makin Anjlok)

Sebelumnya, Gorontalo Minerals juga telah menandatangani nota kesepahaman dengan (MoU) dengan Nusantara Smelting untuk memasok konsentrat tembaga ke smelter milik perusahaan tersebut.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...