Resmi Beroperasi, Mobil Listrik Grab Baru Layani Bandara Soetta

Fahmi Ahmad Burhan
27 Januari 2020, 16:59
grab, mobil listrik, hyundai
Cindy Mutia Annur / Katadata
President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata (kanan) saat meluncurkan Grab Electric Vehicle Ecosystem Roadmap di Indonesia di Jakarta, Jumat (13/12). Grab hari Senin (27/1) resmi meluncurkan layanan GrabCar Electric di Bandara Soetta, Tangerang (27/1).

Grab Indonesia hari Senin (27/1) meluncurkan 20 mobil listrik hasil kerja sama dengan PT Hyundai Motor Indonesia (HMI) yakni GrabCar Electric. Penyediaan layanan baru merupakan bagian dari target 500 mobil listrik oleh Grab pada tahun ini.

Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan tntuk tahap awal, mobil listrik dengan tipe Hyundai IONIQ electrical vehicles (EV) itu baru bisa mengantarkan penumpang dari Bandara Soekarno Hatta. Alasannya jumlah penumpang dari bandara cukup banyak.

Advertisement

"Charging sekali saja pemakaian maksimum, penumpangnya ada internasional dan domestik,"  ujar dia dalam acara Peluncuran GrabCar Electric di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang pada Senin (27/1).

(Baca: Wawancara Ridzki Kramadibrata: Kendaraan Listrik Grab Siap Mengaspal )

Ridzki juga menjelaskan lantaran spesifikasi mobilnya, tarif GrabCar Electric akan lebih mahal 10-15% dari GrabCar alias layanan biasa. Dia juga mengatakan, 20 mobil listrik saat ini dioperasikan oleh mitra pengemudi yang menyewa mobil listrik milik Grab. "Secara ekonomis diharapkan mitra pengemudi bisa lebih meningkatkan kesejahteraannya," ujar dia. 

Dia juga mengatakan langkah Grab ini merupakan bagian dari target pemerintah yakni 2 juta kendaraan pada 2025. Namun target tersebut bisa tercapai apabila ada dukungan dari berbagai pihak untuk membuat ekosistem kendaraan listrik.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement