Wabah Virus Corona, Tak Ada Larangan Kunjungan Turis Tiongkok

Hari Widowati
27 Januari 2020, 19:53
virus corona, wabah virus wuhan, travel ban ke Tiongkok, larangan bagi wisatawan China, early warning system, skrining di bandara,
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas II Bandung memantau alat deteksi suhu tubuh (thermoscan) di terminal kedatangan Internasional di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Senin (27/1/2020).

Indonesia tetap menerima kedatangan turis Tiongkok di tengah ramainya pemberitaan virus corona. Guna mendeteksi virus tersebut, pemerintah menerapkan skrining khusus Health Alert Card (HAC) di pintu-pintu kedatangan penerbangan internasional.

Kartu HAC dibagikan pada saat penumpang di dalam pesawat. Di dalam kartu itu tercantum daftar nomor kontak rumah sakit yang bisa dirujuk. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Ditjen Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Achmad Yurianto.

Advertisement

“Dia (penumpang yang terdeteksi) harus datang ke rumah sakit dan fasilitas kesehatan, dan semua RS tahu kalau itu early warning,” ujar Achmad, Senin (27/1).

Ia menjelaskan, sejauh ini penanganan virus corona sama seperti penanganan kasus SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan MERS (Middle East Respiratory Syndrome) yang pernah melanda Tiongkok dan Timur Tengah beberapa tahun lalu. Namun, virus corona diduga tidak terlalu mematikan seperti SARS dan MERS. Virus ini juga diduga perlu waktu lebih lama untuk berkembang, yakni 10-14 hari.

“Sampai saat ini, WHO (World Health Organization) belum bisa memastikan karakter virus ini atau menganalogikan dengan virus-virus yang lain,” kata Achmad.

(Baca: Kemenkes Sebut Virus Corona Tak Menular Melalui Makanan dan Pakaian)

Tidak Ada Larangan Kunjungi Tiongkok

Indonesia belum menerapkan travel ban bagi WNI yang hendak berkunjung ke Tiongkok. Plt Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Teuku Faizasyah mengungkapkan, pemerintah mengimbau masyarakat yang berencana bepergian ke Tiongkok agar meningkatkan kewaspadaan dan menghindari wilayah-wilayah yang berpotensi terpapar virus korona.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement