Jokowi Janji Naikkan Dana Riset 4 Kali Lipat dengan Syarat

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Martha Ruth Thertina

30/1/2020, 19.40 WIB

Kementerian Riset dan Teknologi diminta membuat agenda riset nasional.

Jokowi, anggaran riset, dana riset
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Ilustrasi kegiatan riset. Tim riset Pupuk Kujang melakukan penelitian uji kualitas mikroba di Laboratorium Riset Pupuk Kujang, Karawang, Jawa Barat, Selasa (21/1/2020).

Presiden Jokowi berjanji memperbesar dana riset hingga empat kali lipat. Ini akan dilakukan bila dana riset yang ada terbukti sudah dimanfaatkan secara optimal.

"Kalau (dana riset saat ini) bisa dikonsolidasikan dan menghasilkan sesuatu, angka ini bisa lipat dua, lipat tiga, lipat empat," kata Jokowi di Puspitek, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (30/1).

Menurut dia, anggaran untuk penelitian sebesar Rp 27,1 triliun saat ini. Anggaran ini tak hanya berada di Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), namun juga berbagai kementerian lainnya.

(Baca: Rintis Industri Katalis, Jokowi Minta Pertamina Tambah Dana Penelitian)

Jokowi memahami alokasi anggaran tersebut terbilang sedikit bila dibandingkan dengan negara-negara maju. Hanya saja, ia meyakini, dana tersebut dapat berguna bagi kemajuan bangsa jika penggunaannya dioptimalkan.

Adapun anggaran riset yang masih menyebar dinilainya sebagai penyebab belum adanya penelitian yang berdampak signifikan.

Atas dasar itu, ia meminta BRIN segera membuat agenda riset strategis nasional di berbagai bidang. Dengan demikian, penelitian yang ada bisa fokus dan memiliki dampak yang besar.

"Birokrat BRIN jangan duduk di belakang meja, tapi turun dan keliling identifikasi riset strategis dan identifikasi masalah dari hulu ke hilir. Lalu selesaikan lewat riset dan inovasi," ucapnya.

(Baca: Menristek Minta Apple Bangun Akademi Teknologi di Seluruh Indonesia)

Jokowi juga meminta adanya konsolidasi aktor dan jejaring. Hal ini dilakukan dengan mengajak kerja sama seluruh pihak, baik 329 unit riset milik kementerian/lembaga maupun swasta.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan