Sebelum Dikarantina di Natuna, WNI dari Wuhan Pindah Pesawat di Batam

Agustiyanti
1 Februari 2020, 19:14
Bandara Hang Nadim, WNI dari Wuhan, evakuasi WNI, virus corona
Katadata/Ihya Ulum Aldin
Pemerintah memberangkatkan pesawat Batik Air pada Sabtu (1/2) untuk mengevakuasi 245 WNI dari Wuhan, Tiongkok yang merupakan pusat pendemi virus corona.

Para warga negara Indonesia yang dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok terkait penyebaran wabah virus corona bakal transit di Bandara Hang Nadim, Batam. Mereka akan berpindah dari Batik Air ke pesawat milik TNI untuk menuju Natuna dan menjalani proses karantina.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Batam Achmad Farchanny menjelaskan WNI dari Wuhan hanya transit maksimal 1 jam di Bandara Hang Nadim Batam sebelum melanjutkan penerbangan ke Bandar Udara Raden Sadjad Natuna.

"Kami upayakan secepat mungkin, paling lama 1 jam," kata Achmad Farchanny di Batam seperti dikutip dari Antara (1/2).

Pihanya akan memberlakukan prosedur kekarantinaan saat pemindahan WNI tersebut. Seluruh penumpang akan menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan kesehatan lainnya di dalam pesawat yang membawanya dari Wuhan.

(Baca: WNI yang Dievakuasi dari Wuhan Bakal Dikarantina di Natuna)

Jika dalam pemeriksaan ditemukan penumpang yang sakit dan menunjukkan gejala terjangkit virus corona, maka pihaknya akan langsung melakukan tindakan isolasi. Adapun saat ini pemerintah telah menunjuk RS Umum Daerah Embung Fatimah Batam sebagai rumah sakit rujukan dalam penanganan pasien terkait virus corona, termasuk isolasi pasien.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...