WNI yang Dievakuasi dari Wuhan Bakal Dikarantina di Natuna

Agustiyanti
1 Februari 2020, 13:44
pangkalan militer natuna, virus corona, evakuasi tni
Katadata/Ihya Ulum Aldin
Protokol petugas pesawat Batik Air yang akan mengevakuasi 250 WNI dari Wuhan. Para WNI yang dievakuasi akan terlebih dahulu dikarantina di Pangkalan Militer Natuna untuk memastikan bebas dari virus corona.

Sebanyak 250 warga negara Indonesia yang dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok akan dikarantina terlebih dahulu di Natuna. Hal ini dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan WHO terkait penanganan penyebaran virus corona.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan pangkalan militer yang akan dijadikan lokasi karantina memiliki fasilitas rumah sakit yang dikelola oleh Angkatan Udara, Angkatan Darat, dan Angkatan Laut. Selain itu, terdapat landasan terbang yang berdekatan dengan lokasi tersebut.

Advertisement

"Sehingga nanti saudara-saudara kita langsung turun dari pesawat dan masuk ke penampungan," ujar Marsekal saat konferensi pers di Bandara Soekarno Hatta, Sabtu (1/2).

Ia menjelaskan, lokasi karantina tersebut dapat menampung 300 orang, serta memiliki fasilitas MCK dan dapur lapangan yang memadai. Sementara jarak lokasi tersebut ke pemukiman penduduk mencapai 5-6 km.

(Baca: Wabah Corona, Pemerintah Evakuasi 245 WNI dari Wuhan Gunakan Batik Air)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement