Cegah Penyebaran Corona, Impor Hewan Hidup Tiongkok Disetop Sementara

Dimas Jarot Bayu
4 Februari 2020, 20:41
Cegah Penyebaran Corona, Impor Hewan Hidup Tiongkok Disetop Sementara.
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo (tengah) memimpin rapat terbatas (ratas) di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2) mengenai kesiapan menghadapi damapak virus corona. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah akan melarang impor hewan hidup dari Tiongkok.

Pemerintah memutuskan untuk menghentikan sementara impor hewan hidup dari Tiongkok. Langkah ini dilakukan seiring dengan merebaknya wabah virus corona di Negara Tirai Bambu.

Kebijakan itu diambil setelah menggelar rapat terbatas yang  dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2).

“Pemerintah melarang impor live animal dari Tiongkok. Kalau ada yang sekarang dikirim ke Indonesia, akan kami kembalikan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai rapat terbatas.

(Baca: Antisipasi Virus Corona, Pemerintah Perketat Impor Pangan)

Dia menuturkan, virus corona merupakan penyakit zoonosis, yang mana penularannya terjadi dari hewan ke manusia. Sehingga, perlu upaya pencegahan.

Namun demikian, pemerintah tak akan menyetop impor barang lain dari Tiongkok, karena dinilai tak terkait dengan penularan corona.

"Perdagangan barang akan terus berlanjut. Ini termasuk holtikultura, seperti bawang putih dan buah-buahan,” kata Airlangga.

Sementara terkait penurunan turis Tiongkok, pemerintah akan mendorong peningkatan turis domestik ke sejumlah destinasi favorit negara tersebut ke Bali, Kepulauan Riau, Batam, Bintan, dan Manado. “Pemerintah juga akan memberikan tarif khusus, akan dihitung,” kata Airlangga.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...