Pemerintah akan Rilis Daftar Barang yang Dilarang Impor dari Tiongkok

Rizky Alika
4 Februari 2020, 07:42
Pemerintah Susun Daftar Barang yang Dilarang Impor dari Tiongkok.
Katadata
Aktivitas bongkar muat di pelabuhan ekspor. Pemerintah akan merilis daftra produk impor asal Tiongkok yang dilarang masuk ke Indonesia. Kebijakan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Pemerintah akan mengeluarkan daftar impor pangan yang akan dihentikan sementara dari Tiongkok. Kebijakan ini pembatasan ini diambil seiring dengan merebaknya wabah virus corona.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah akan mengumumkan daftar tersebut hari ini, Senin (4/2).

Ia mengatakan, pelarangan produk tersebut sebagian dikhususkan untuk komoditas pangan. Meski begitu, pemerintah belum memutuskan pembatasan hanya sebatas produk hewan atau termasuk hortikultura.

(Baca: Cegah Penyebaran Corona, Kemendag Setop Impor Pangan dari Tiongkok)

Sementara itu, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyatakan, produk impor Tiongkok yang jelas akan dilarang  di antaranya adalah satwa hidup atau hewan liar. "Yang jelas sekarang berkaitan dengan wild animal itu sudah pasti," katanya.

Sedangkan untuk jenis hortikultura, Agus menyebut masih membuka kemungkinan untuk tetap mengimpor bawang putih dari Negeri Tirai Bambu. Pasalnya, lebih dari 90% bawang putih impor dan beredar di pasar saat ini berasal dari Tiongkok.  

Namun, dia juga  membuka opsi untuk mencari subtitusi impor dari negara selain Tiongkok guna menjaga stok dalam negeri. Namun, ia masih mengkaji negara yang potensial untuk menggantikan impor dari Tiongkok.

"Tidak ada pilihan lain," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...