Luhut Ramal Kunjungan Wisman Bakal Turun akibat Virus Corona

Rizky Alika
4 Februari 2020, 15:04
luhut pandjaitan, kunjungan wisman, wisatawan mancanegara, virus corona, turis asing
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Ilustrasi. Kunjungan wisatawan asal Tiongkok merupakan terbesar kedua setelah Malaysia pada 2019.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memperkirakan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia menurun akibat virus corona. Hal ini lantaran jumlah turis asal Tiongkok menempati posisi kedua terbesar. 

"Bali tidak ada turis yang datang dari Tiongkok, padahal turis Tiongkok sangat besar," kata dia dalam acara Rilis Data Luas Lahan Baku Sawah 2019 Kerangka Sampel Area Padi 2019 di Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (4/2).

Selain Bali, Pulau Bintan juga kehilangan seluruh turis asal Negara Tembok Raksasa tersebut. Padahal, 80% turis di Pulau Bintan berasal dari Tiongkok. Demikian pula dengan Manado yang mayoritas turis berasal dari negara tersebut.

"Dampaknya luar biasa," ujar dia.

(Baca: Wabah Virus Corona Bayangi Target 18 Juta Kunjungan Wisman Tahun Ini)

Namun, ia memperkirakan investasi dari Tiongkok tak akan banyak terganggu. Dampak virus corona terhadap investasi hanya sementrara.

Pemerintah berencana menutup penerbangan dari dan ke Tiongkok mulai Rabu (5/2) pukul 00.00 WIB. Hal ini tentu akan membuat tak ada lagi wisman dari Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...