Kecanggihan Sukhoi Su-35, Pesawat Tempur Rusia yang Ditaksir Prabowo

Pingit Aria
6 Februari 2020, 16:46
Pesawat jet tempur Sukhoi SU-35 yang diproduksi oleh United Aircraft Corporation (UAC) Rusia merupakan modernisasi dari tipe SU-27.
Dok. UACRussia.ru
Pesawat jet tempur Sukhoi SU-35 yang diproduksi oleh United Aircraft Corporation (UAC) Rusia merupakan modernisasi dari tipe SU-27.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengisyaratkan untuk melanjutkan rencana pembelian 11 pesawat tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia senilai US$ 1,14 miliar. Hal ini dibahas dalam pertemuan antara Prabowo dan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu di Moskow, pekan lalu (28/1/2020).

Rencana pemerintah membeli Sukhoi Su-35 sebenarnya bergulir sejak 2016. Saat itu, Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kota Sochi. Kedua kepala negara sepakat meningkatkan meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan, termasuk melalui pembelian Sukhoi Su-35.

"Ada beberapa yang sudah dibahas, misalnya mengenai SU-35. Itu dibahas soal Sukhoi, tapi belum conclusive (diputuskan)," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Hotel Radisson Blu, Sochi, Rusia, Kamis (19/5/2016), seperti dikutip dari liputan6.com.

(Baca: Pemerintah Lirik Dassault Rafale dan Sukhoi Su-35, Mana Lebih Unggul?)

Kemudian, pada Agustus 2017, Indonesia menawarkan sebagian pembayaran melalui imbal dagang dengan komoditas minyak sawit, kopi, dan teh. Setelah disepakati, kontrak pembelian Sukhoi kemudian diteken oleh kedua negara pada Februari 2018. 

Bagaimanapun, transaksi ini terganjal setelah Rusia terkena sanksi internasional karena dianggap mencampuri Pilpres AS 2016 dan menganeksasi Krimea, Ukraina. Rusia pun tak menampik faktor ini sebagai salah satu hambatan.

“Sebenarnya ini bukan rahasia lagi jika Amerika Serikat kerap memberikan serangkaian tekanan terhadap setiap negara yang memiliki niat untuk membeli peralatan militer dari Rusia. Indonesia pun tidak luput dari tekanan itu,” kata Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Georgievna Vorobieva kepada CNNIndonesia.com, Selasa (4/2/2020).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...