Hujan Deras Pagi Tadi, Banjir Genangi Sejumlah Jalan di Jakarta

Penulis: Sorta Tobing

8/2/2020, 09.12 WIB

Hujan deras pagi tadi membuat banjir menggenangi sejumlah jalan di Jakarta, termasuk Jalan Letjen Suprapto dan underpass Kemayoran.

banjir Jakarta, hujan deras, peringatan BMKG
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah
Ilustrasi, Hujan deras pagi tadi, Sabtu (8/2), membuat sejumlah jalan di Jakarta tergenang banjir.

Hujan yang mengguyur Jakarta sejak dini hari tadi, Sabtu (8/2), diperkirakan akan terus terjadi hingga malam nanti. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG mengeluarkan peringatan dini soal itu.

“Waspada potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan,” demikian peringatan tersebut, seperti dikutip dari situs BMKG.

Hujan beserta petir pada siang jelang malam diperkirakan akan terjadi di wilayah Jakarta Selatan, Barat, dan Timur. Suhu udara akan mencapai 24 hingga 32 derajat Celcius dengan kelembaban udara 90% sampai 100%.

Jakarta Utara dan Pusat akan mengalami hujan sedang pada siang ini hingga malam hari. Suhu udaranya sekitar 25 hingga 31 derajat Celcius dengan kelembaban udara 85% hingga 95%.

(Baca: Jakarta Diguyur Hujan Semalaman, Satu Pintu Air Berstatus Waspada)

Pantauan Twitter TMC Polda Metro Jaya, @TMCPoldaMetro, hujan deras pagi tadi membuat sejumlah jalan di Jakarta mengalami banjir. Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Pusat, tidak bisa dilalui kendaraan bermotor. Untuk sementara pihak kepolisian mengalihkan lalu lintas kendaraan yang ingin melalui jalan tersebut.

Laporan pada pukul 08:32, banjir menutup underpass Kemayoran, Jakarta Pusat, setinggi lima meter. Di depan Kawasan Berikat Nusantara Cakung, Jakarta Utara, air setinggi 30 sampai 50 centimeter menutup jalan. Kendaraan jenis sedan diimbau tidak melintas banjir tersebut.

Banjir juga menggenangi beberapa titik di wilayah Kelapa Gading (Jakarta Utara), Bungur (Jakarta Pusat), dan Condet (Jakarta Timur). Begitu pula dengan Jalan RE Martadinata (Jakarta Utara), Kawasan Industri Pulo Gadung (Jakarta Timur), dan Jalan Perintis Kemerdekaan (Jakarta Timur).

(Baca: BMKG: Hujan Lebat, Jakarta Potensi Banjir hingga Dua Hari ke Depan)

Reporter: Antara

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan