Jakarta Banjir Lagi, Anies Minta Warga Antisipasi Curah Hujan Ekstrem

Martha Ruth Thertina
9 Februari 2020, 12:47
Banjir Jakarta, Anies Baswedan, Hujan Ekstrem
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo (kanan) saat meninjau pintu air Manggarai, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Sejumlah wilayah di Jakarta sempat kembali dilanda banjir, setelah hujan mengguyur pada Jumat (7/2) malam hingga Sabtu (8/2) siang. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga terus mengantisipasi kemungkinan banjir seiring curah hujan ekstrem.

“Semua petugas bersiap dan kami berharap seluruh masyarakat mengantisipasi karena curah hujan ekstrem,” kata dia di Jakarta, Minggu (9/2).

Ia menjelaskan, Jakarta mengalami curah hujan ekstrem pada Sabtu (8/2) dini hari. Curah hujan mencapai 244 milimeter/jam. Ia mengatakan, curah hujan disebut lebat bila di antara 50-100 mm/jam, sangat lebat bila 100-150 mm/jam, dan ekstrem bila di atas 150 mm.

(Baca: BMKG: Potensi Banjir Bulan Ini Tak Sebesar Januari Lalu)

Merespons kondisi tersebut, petugas dan maupun alat disiagakan di tempat-tempat yang terjadi hujan intensif. Pompa air, kata dia, disiagakan khususnya di lokasi-lokasi yang tidak memiliki saluran air.

Selain imbas hujan ekstrem, ia mengatakan, Jakarta sebagai wilayah pesisir menerima air dengan volume yang cukup besar imbas curah hujan tinggi di kawasan hulu. Petugas pun dalam posisi siaga seiring peningkatan status kesiagaan di bendung Katulampa. “Alhamdulillah kemarin sudah sampai puncaknya dan lewat hingga terkendali dengan baik,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...