Mantan Menkeu JB Sumarlin akan Dimakamkan secara Militer

Agustiyanti
10 Februari 2020, 10:45
mantan Menkeu JB Sumarlin, JB Sumarlin meninggal dunia, pemakaman JB Sumarlin, tokoh nasional meninggal dunia
Antara/Dewa Wiguna
Menteri Keuangan Sri Mulyani menerima Jenazah mantan Menkeu JB Sumarlin dari keluarga kepada pemerintah pada Senin (10/2). JB Sumarlin akan dimakamkan secara militer.

Mantan Menteri Keuangan JB Sumarlin akan dimakamkan secara militer pada Senin (10/2). Pemakaman akan dilakukan di San Diego Hills Karawang, Jawa Barat.

Sebelum dimakamkan, jenazah JB Sumarlin diserahterimakan dari keluarga kepada pemerintah. Upacara serah terima dilakukan di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan sekitar pukul 09.30 WIB.

"Kepergian Bapak JB Sumarlin tidak hanya meninggalkan duka mendalam untuk keluarga namun kami keluarga besar Kementerian Keuangan dan seluruh bangsa Indonesia," ujar Menkeu Sri Mulyani Indrawati saat menerima jenazah JB Sumarlin.

(Baca: Mantan Menkeu JB Sumarlin Meninggal Dunia)

Upacara tersebut turut dihadiri sejumlah tokoh bangsa, di antaranya mantan Wakil Presiden Boediono serta politisi senior dan mantan Ketua DPR RI Akbar Tanjung. Selain itu, hadir pula Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Setelah proses serah terima tersebut, jenazah diberangkatkan menuju Kawarang, Jawa Barat.

JB Sumarlin meninggal dunia dalam usia 87 tahun di Rumah Sakit Carolus, Jakarta, Kamis (6/02) siang. Ia kemudian disemayamkan di rumah duka MRCCC Siloam Semanggi.

(Baca: JB Sumarlin, Menkeu Kepercayaan Soeharto yang Tangani Krisis Pertamina)

Selain menjadi menteri keuangan pada tahun 1988-1993, JB Sumarlin juga pernah menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Ketua Bappenas pada 1983-1998 dan  Menteri pendidikan ad Interim pada 1985.

Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Badan Pemeriksa Keuangan pada 1993 hingga 1998. Pria kelahiran Blitar tahun 1932 ini juga merupakan seorang politikus dan pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat pada 1972-1978.

Memulai karier sebagai asisten dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) pada 1957, JB sumarlin juga menghabiskan sisa usianya sebagai Guru besar di kampus asalnya tersebut sejak 2008 hingga menutup usia.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...