Menkes Bantah Ada Kasus Virus Corona Tak Terdeteksi di Indonesia

Agustiyanti
11 Februari 2020, 16:17
terawan, virus corona, deteksi virus corona, menteri kesehatan terawan agus putranto
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mempersilakan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO dan pihak-pihak lain yang ingin mengetahui prosedur Kemenkes dalam mendeteksi keberadaan virus corona di Indonesia.

Pemerintah membantah dugaan bahwa Indonesia memiliki kasus virus corona yang tak terdeteksi. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menegaskan alat dan tahapan tes yang dilakukan Indonesia untuk mendeteksi virus corona sudah sesuai standar Internasional.

"Apa yang sudah kami kerjakan itu sesuai standar internasional, semua sudah dicek. Peralatan kita sudah di-fixed-kan dengan Kedutaan Besar AS, kita menggunakan peralatan dari Amerika," kata Terawan di Jakarta, Selasa (11/2).

Ia pun mempersilakan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO dan pihak-pihak lain yang ingin mengetahui prosedur Kemenkes dalam mendeteksi keberadaan virus corona di Indonesia.

"Silakan dari WHO, maupun Amerika, kami persilakan untuk ikut melihat prosesnya dengan alat yang mereka punya. Kami terbuka, tidak ada yang ditutup-tutupi," tambahnya.

(Baca: Wabah Virus Corona, 21 WNI Pulang dari Tiongkok Tanpa Karantina )

Penelitian terhadap virus Corona dilakukan Kemenkes di Laboratorium BSL 3 atau Biosafety Level 3. Laboratorium tersebut juga pernah digunakan untuk meneliti virus MERS atau Middle East Respiratory Syndrome yang disebabkan oleh virus Corona.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...