Wabah Corona Ancam Ekonomi RI, Jokowi Minta Menteri Percepat Belanja

Dimas Jarot Bayu
11 Februari 2020, 15:16
jokowi, perekonomian global, perlambatan ekonomi, percepatan belanja negara
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Presiden Joko Widodo menyebut percepatan belanja negara penting di tengah perekonomian global yang melemah.

Wabah virus corona dikhawatirkan memperlambat laju pertumbuhan ekonomi. Presiden Joko Widodo pun meminta para menteri mengantisipasi perlambatan ekonomi dengan mempercepat belanja anggaran. 

Menurut Jokowi, kecepatan dalam membelanjakan anggaran dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah kondisi global yang saat ini kurang menguntungkan. "Serta dampak serangan virus corona,"  ujar Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/2).

Advertisement

Kementerian yang dinilai sudah menggelontorkan anggaran belanja cukup besar adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR. Selain itu, Kementerian Sosial juga sudah mulai menggelontorkan anggaran untuk program bantuan sosial. 

(Baca: Ekonomi Tiongkok Berpotensi Terpangkas 1% akibat Wabah Virus Corona)

Jokowi pun berharap kementerian lain dapat mencontoh kedua kementerian tersebut. “Saya juga berharap dana desa bisa langsung segera direalisasikan, sehingga desa-desa daya beli dan konsumsinya tak  akan terganggu,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi turut mengapresiasi upaya yang telah dilakukan jajarannya dalam mewaspadai penyebaran pendemi tersebut. “Ekstra kerja keras kita sehingga virus itu tak masuk ke Indonesia,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement