Zulkifli Hasan Kembali Pimpin PAN, Begini Kronologi Ricuh Kongresnya

Hari Widowati
12 Februari 2020, 09:31
ricuh Kongres PAN, kongres PAN di Kendari, pelemparan kursi di Kongres PAN, Zulkifli Hasan, Mulfachri Harahap, pendukung Zulkifli dan Mulfachri bentrok, partai politik, Partai Amanat Nasional
ANTARA FOTO/Jojon
Zulkifli Hasan terpilih kembali menjadi Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2020-2025. Kongres V PAN sempat ricuh dan diwarnai aksi lempar kursi.

Zulkifli Hasan kembali terpilih menjadi Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2020-2025. Ia meraih 331 suara, menyisihkan Mulfachri Harahap yang meraih 225 suara dan Dradjad Wibowo yang hanya memperoleh 6 suara.

Pemungutan suara diikuti oleh 563 peserta dari total 590 peserta Kongres V PAN. Proses pemungutan suara dipercepat setelah sempat terjadi kericuhan di antara para pendukung calon ketum PAN. Anggota Steering Committee Kongres V PAN, Totok Daryanto, mengumumkan hasil pemungutan suara yang kembali mengukuhkan Zulkifli di kursi PAN 1 itu.

Berikut ini kronologi kericuhan Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara pada Selasa (11/2) lalu.

1. Seperti dilansir Antara, sekelompok orang sempat memaksa panitia menutup pendaftaran peserta kongres sebelum kongres resmi dibuka. Proses pendaftaran peserta sempat molor hingga pukul 14.30 WITA, Senin (10/2).

2. Pada hari kedua kongres (11/2), terjadi kericuhan antara pendukung Zulkifli dan Mulfachri. Keduanya terlibat saling ejek dan nyaris bentrok. Aparat keamanan turun tangan untuk mengamankan situasi.

3. Ketika rapat pleno berlangsung, situasi semakin memanas. Peserta kongres dari kubu pendukung Zulkifli dan Mulfachri terlibat aksi melempar kursi dan botol air minum. Hal ini diduga disebabkan oleh kelompok pendukung Zulkifli yang menolak keluar sidang saat sidang diskors. Dalam video yang ditayangkan Kompas TV, Zulkifli terlihat berusaha menenangkan pendukungnya yang terlibat kericuhan.

(Baca: Diwarnai Kericuhan, Zulkifli Hasan Terpilih Lagi Jadi Ketum PAN )

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...