Gojek & Asosiasi Respons Keluhan Pengemudi Ojol Soal Sistem Order Baru

Desy Setyowati
Oleh Desy Setyowati - Cindy Mutia Annur
20 Februari 2020, 15:06
Gojek dan Asosiasi Tanggapi Pengemudi Ojek online Keluhkan Sistem Order Baru
Gojek
Ilustrasi, Gojek meluncurkan logo baru pada hari ini (22/7/2019).

Para pengemudi ojek online mengeluhkan sistem pemerataan order yang diterapkan Gojek. Tagar #GojekKenapa pun menjadi topik populer (trending topic) di Twitter. Menanggapi keluhan ini, Gojek menyampaikan bahwa sistem selalu dikembangkan.

Senior Manager Corporate Affairs Gojek Teuku Pravinanda menjelaskan, sistem algoritma pembagian order yang diterapkan perusahaan selalu memperhitungkan penyelesaiannya. “Bagaimana kemungkinan terbesar suatu order dari konsumen dapat diselesaikan,” katanya kepada Katadata.co.id, Kamis (20/2).

Sistem algoritma tersebut memasukkan berbagai aspek. Hal ini bertujuan supaya kebutuhan konsumen terlayani dengan segera.

(Baca: Pengemudi Ojol Keluhkan Sistem Baru, #GojekKenapa Jadi Topik Populer)

Bagi mitra pengemudi ojek online, harapannya mendapat pesanan yang sesuai dengan aspek-aspek yang diperhitungkan oleh sistem algoritma tersebut. Hal ini untuk menjaga pendapatan yang berkesinambungan, serta upaya aktivitas mitra lebih efektif dan efisien.

“Gojek senantiasa mengembangkan sistem untuk menunjang kebutuhan pengguna aplikasi Gojek, termasuk mitra driver dan konsumen,” kata Teuku.

Namun, salah satu pengguna Twitter yang mengaku mitra pengemudi Gojek Ryan mengatakan, sistem baru itu membuat driver harus bekerja lebih lama untuk tutup point atau mendapat bonus. Ia justru lebih setuju dengan sistem sebelumnya yang menerapkan akun prioritas.

Ia bercerita, pengemudi ojek online harus mau mengambil pesanan sejak pagi dan tidak memilih orderan. Pengemudi juga tidak membatalkan pesana, kecuali fiktif. Jika langkah-langkah ini dilakukan selama satu hingga dua minggu, akun pengemudi akan masuk prioritas.

(Baca: Kemenhub Kaji Tuntutan Driver Ojol Jabodetabek Tarif Jadi Rp 2.500/km)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati, Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...