Kemenhub, Gojek, Grab dan Asosiasi Sepakat Tarif Ojek Online Tak Turun

Fahmi Ahmad Burhan
24 Januari 2020, 18:24
Kemenhub, Gojek, Grab dan Asosiasi pengemudi Rapat evaluasi, Tarif Ojek Online Tak Turun
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi, pengemudi ojek online menunggu penumpang di kawasan Paledang, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/11/2019).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar rapat evaluasi tarif ojek online bersama aplikator seperti Gojek dan Grab, serta asosiasi pengemudi. Rapat tersebut menghasilkan dua opsi yaitu tetap atau naik.

Kedua opsi itu akan disampaikan ke Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk diputuskan. “Hanya dua opsi, tetap atau kenaikan tarif ojek online,” kata Kasubdit Angkutan Perkotaan Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Bambang Wahyu Hapsoro di kantornya, Jakarta, Jumat (24/1).

Advertisement

Dalam rapat tersebut, tidak ada opsi menurunkan tarif ojek online. “Kalau turun sepertinya tidak mungkin karena harga motor dan suku cadang naik. Belum lagi ada inflasi dan upah minimum," kata Wahyu.

“Semoga tidak butuh waktu lama (keputusan Menteri Perhubungan),” ujar dia. Nantinya, Menteri memanggil aplikator apabila ada perubahan tarif. Dengan begitu, perusahaan berbagi tumpangan (ride hailing) seperti Gojek dan Grab menyesuaikan tarifnya.

(Baca: Dievaluasi Kemenhub Besok, Tarif Ojek Online Belum Tentu Naik)

Rapat evaluasi itu juga membahas perihal skema penerapan tarif ojek online. Sebab, sekitar 500 pengemudi ojek online berunjuk rasa pertengahan Januari lalu, meminta tarif berdasarkan provinsi bukan zonasi.

Terkait tuntutan tersebut, Kemenhub mempertimbangkan beberapa hal termasuk aturan. “Itu butuh waktu panjang. Kalau zonasi kan tinggal utak-atik angka,” katanya. Meski begitu, usulan itu akan dikaji kementerian.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement