Laporan Keuangan Dapat Opini Disclaimer, TPS Food Angkat Bicara

Image title
24 Februari 2020, 13:01
laporan keuangan, tps food,
ANTARA FOTO/Audy Alwi
Direktur Utama Hengky Koestanto (kedua kanan) buka suara terkait laporan keuangan 2017 dan 2018 TPS Food yang mendapatkan opini disclaimer dari auditor.

PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (kode emiten: AISA) alias TPS Food membeberkan alasan dibalik laporan keuangan 2017 dan laporan keuangan 2018 yang mendapatkan opini tidak menyatakan pendapat alias disclaimer dari auditor.

Adapun auditor kedua laporan keuangan tersebut, Kantor Akuntan Publik Amir Abadi Jusuf, Aryanto, Mawar & Rekan (RSM Indonsia), memberikan opini disclaimer salah satunya karena laporan tersebut tidak mengkonsolidasikan PT Dunia Pangan (DP) dan entitas anaknya yang sedang dalam proses kepailitan.

Advertisement

"Pemberian opini adalah sepenuhnya kewenangan dari auditor. Dalam melakukan kerja profesionalnya, perseroan tidak melakukan pembatasan-pembatasan terhadap ruang lingkup pemeriksaan auditor," kata Direktur Utama TPS Food Hengky Koestanto dalam keterbukaan informasi yang dikutip Senin (24/2).

Hengky menjelaskan bahwa perusahaan tidak memiliki akses atas data atau informasi keuangan DP karena perusahaan tersebut tengah dalam proses kepailitan sehingga kewenangan pengelolaannya ada di tangan kurator.

(Baca: Sudah Rilis Lapkeu, Saham TPS Food Masih Berpotensi Didepak dari Bursa)

Selain itu, alasan lainnya yang menjadi dasar pemberian opini disclaimer yaitu lantaran pihak auditor tidak memperoleh akses untuk melakukan audit utama atas akun-akun signifikan tertentu dalam laporan keuangan PT Poly Meditra Indonesia (PMI) dan PT Surya Cakra Sejahtera (SCS).

Selain itu, ada ketidakpastian material yang menyebabkan keraguan signifikan atas kemampuan perusahaan mempertahankan kelangsungan usaha.

Hengky menjelaskan bahwa perusahaan tidak memiliki kewenangan untuk melakukan otorisasi terhadap PMI dan SCS. Namun perusahaan telah menempuh upaya hukum untuk dapat mengubah susunan direksi dan komisaris kedua anak usaha itu.

Manajemen TPS Food juga masih dalam tahap inventarisasi dokumen-dokumen perusahaan. Selain itu pihaknya sudah menempuh upaya hukum untuk mendapatkan pengembalian dokumen-dokumen tersebut dari manajemen lama.

(Baca: Laporan Keuangan Tiga Pilar Disclaimer, Sahamnya Masih Disuspensi BEI)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement