Anak Usaha Konstruksi Astra "Acset" Rugi Rp 1,14 T, Modal Anjlok 80%

Martha Ruth Thertina
26 Februari 2020, 17:06
Acset, Acset Rugi, Kinerja Keuangan Acset, ACST
Donang Wahyu|KATADATA

Kinerja keuangan anak usaha Astra International di bidang konstruksi PT Acset Indonusa Tbk mengalami tekanan. Perusahaan mencatatkan rugi bersih Rp 1,14 triliun pada 2019 lalu, setelah untung tipis Rp 18,29 miliar tahun sebelumnya. Penyebabnya, keterlambatan penyelesaian proyek yang membuat biaya meningkat.

Pendapatan perusahaan berkode bursa ACST tersebut tercatat meningkat 5,96% dari Rp 3,72 triliun pada 2018 menjadi Rp 3,95 triliun pada tahun lalu. Namun, beban pokok pendapatan tercatat naik 33,7% dari Rp 3,03 triliun menjadi Rp 4,05 triliun. Selain itu, biaya penjualan dan beban penjualan juga tercatat naik signifikan. Alhasil, perusahaan merugi.

Advertisement

“Hal ini merupakan dampak lanjutan dari keterlambatan penyelesaian proyek Contractor Pre-Financing (CPF) dan proyek struktur yang juga berdampak pada periode sebelumnya,” demikian tertulis dalam siaran pers yang diterima katadata.co.id, Rabu (26/2).

Perusahaan menjelaskan, keterlambatan penyelesaian proyek menimbulkan peningkatan biaya pendanaan, biaya overhead, dan biaya lain yang dialokasikan untuk percepatan penyelesaian proyek tersebut. Selain itu, terdapat penyesuaian nilai pekerjaan sehingga pendapatan dan laba proyek berjalan menjadi terkoreksi.

Seiring memburuknya kinerja keuangan, arus kas operasi tercatat negatif Rp 341,72 miliar tahun lalu. Meski begitu, arus kas negatif ini sudah lebih menyusut dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar Rp 857,24 miliar.

Di tengah kondisi tersebut, likuiditas perusahaan mengalami tekanan. Aset lancar tercatat Rp 9,46 triliun, sedangkan liabilitas jangka pendek alias yang jatuh tempo dalam kurun waktu kurang dari satu tahun tercatat Rp 9,99 triliun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement