Olimpiade 2020 di Jepang Terancam Batal Imbas Meluasnya Wabah Corona

Martha Ruth Thertina
26 Februari 2020, 13:00
Olimpiade, Jepang, Olimpiade Jepang Batal, Olimpiade 2020 di Jepang Batal, Virus Corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmeth
Warga berpose dengan cincin Olimpiade di depan Museum Olimpiade Jepang di Tokyo, Jepang, Senin (17/2/2020).

Olimpiade 2020 di Jepang terancam batal di tengah meluasnya wabah virus corona. Sejatinya Olimpiade digelar di Tokyo, ibu kota Jepang, pada musim panas, Juli 2020.

Anggota Senior dari Komite Internasional Olimpiade (IOC) Dick Pound mengatakan bila terbukti bahwa terlalu berbahaya untuk menyelenggarakan Olimpiade di Tokyo, maka penyelenggara kemungkinan lebih memilih untuk membatalkan acara tersebut dibandingkan menunda atau memindahkan lokasinya.

Pound, juara renang asal Kanada yang telah berada dalam IOC sejak 1978, mengestimasi ada waktu sekitar tiga bulan untuk menentukan nasib Olimpiade di Jepang. “Dalam waktu tersebut, yang akan dipertanyakan adalah ‘Apakah ini di bawah kontrol yang cukup sehingga kita bisa percaya diri untuk pergi ke Tokyo atau tidak?’,” kata dia dalam wawancara dengan The Associated Press.

(Baca: Wakil Menteri Kesehatan Iran Tertular Virus Corona)

Ia menjelaskan, seiring semakin dekatnya waktu penyelenggaraan, banyak hal yang harus mulai disiapkan, dari mulai keamanan, makanan, tempat penyelenggaraan hingga hotel. Di sisi lain, media juga akan membangun studio siaran di lokasi. Jika IOC memutuskan bahwa kompetisi olah raga tersebut tidak bisa terlaksana sesuai jadwal di Tokyo, “Anda kemungkinan tengah melihat pembatalan,” ujarnya.

Jepang merupakan satu dari puluhan negara yang tengah menghadapi penyebaran virus corona. Sejauh ini, sebanyak 170 orang di Negeri Sakura telah terdeteksi terinfeksi virus corona, dan satu orang dinyatakan meninggal karena infeksi virus tersebut. Sedangkan secara global, jumlah yang terinfeksi virus corona telah mencapai 81.002 orang, dan jumlah korban meninggal mencapai 2.762 orang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...