Arab Saudi Tutup Pintu Umrah, Jamaah Sesaki Bandara Soekarno - Hatta

Ameidyo Daud Nasution
27 Februari 2020, 16:19
umrah, arab saudi, bandara soetta
Katadata
Calon jemaah umrah mulai menumpuk di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (27/2) (Foto: istimewa)

Penangguhan sementara kedatangan warga asing untuk umrah dan haji oleh pemerintah Arab Saudi mulai berdampak kepada jemaah di Tanah Air. Penerbangan mereka dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta terpaksa dibatalkan meski sudah siap naik pesawat ke Tanah Suci.

Kondisi tersebut dibenarkan oleh Ketua Umum Himpunan Penyelenggara Haji dan Umrah (Himpuh) Baluki Ahmad. Baluki mengatakan pesawat terakhir yang terbang dari Soetta menuju Jeddah adalah Saudia pada pukul 11.00 WIB. Sedangkan pukul 12.00 WIB penerbangan menuju Saudi dihentikan.

Advertisement

Airlines sudah tidak mau ambil risiko, terutama kalau sudah sampai sana tidak bisa masuk,” kata Baluki ketika dihubungi Katadata.co.id, Kamis (27/2).

(Baca: Jokowi Hargai Keputusan Arab Saudi Setop Sementara Ibadah Umrah & Haji)

Baluki mengatakan pengusaha dan agen perjalanan umrah saat ini masih menunggu data dan kabar terakhir dari otoritas berwenang di Saudi. Dia juga belum mau membicarakan soal nasib jamaah yang berpotensi terlantar sampai waktu yang belum ditentukan.

Namun ia berharap masing-masing agen dan vendor perjalanan ibadah dapat menangani nasib para jamaah. “Karena ini force majeur, tidak bisa ditimpakan (kesalahan) ke mana-mana,” kata dia.

Dalam sebuah video yang disebarkan akun Twitter bernama @Lurah_Subang, terlihat jamaah umrah ramai lalu lalang di Terminal III Bandara Soetta. Tak hanya itu, tampak pula koper dan barang bawaan yang bertumpuk.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement