BKPM Dukung Konsep Ekonomi Lestari untuk Genjot Investasi Berkualitas

Rizky Alika
27 Februari 2020, 15:46
BKPM Dukung Konsep Ekonomi Lestari untuk Genjot Investasi Berkualitas .
Arief Kamaludin | Katadata
Logo BKPM. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengidentifikasi peluang investasi berkualitas.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengidentifikasi peluang investasi berkualitas melalui pemanfaatan sumber daya alam Indonesia. Peluang tersebut dapat dioptimalkan, jika diintegrasikan dengan faktor pendukung seperti infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan untuk meningkatkan kapasitas SDM dalam negeri. 

“Saat ini prioritas utama BKPM adalah investasi berkualitas pada sektor ekonomi produktif dan jangka panjang. Cri-ciri utamanya adalah, kemitraan dengan pengusaha lokal dan memberikan nilai tambah (value-added) bagi perekonomian,” kata Direktur Fasilitas Promosi Daerah BKPM Indra Darmawan dalam acara Lestari Talk 2020 dengan tema “Unboxing Ekonomi Lestari” di Kantor BKPM, Jakarta, Kamis (27/2).

Advertisement

Menurutnya, konsep ekonomi lestari bisa diusung menjadi salah satu inovasi daerah untuk menciptakan iklim investasi berkualitas. Ekonomi lestari digagas melalui konsep yang menyeimbangkan antara aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi dalam kebijakan, perencanaan, dan program.

(Baca: Pemerintah Luncurkan Konsep Investasi Hijau di Papua dan Papua Barat)

Dengan demikian, ekonomi lestari tak hanya mampu meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) dan efisiensi anggaran kabupaten, tapi juga mengurangi kemiskinan dan pengangguran serta bergerak menuju nol deforestasi dan degradasi hutan & gambut.

Hal tersebut dinilai sejalan dengan narasi nasional  Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan daya saing daerah melalui kemudahan investasi, peningkatan kapasitas perdagangan, dan reformasi birokrasi. 

Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi yang juga Ketua Bidang Komunikasi dan Informasi  Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) mengatakan, pendekatan ekonomi lestari sangat mungkin dilakukan. Menurutnya, konsep tersebut sudah dilakukan anggota LTKL.

 LTKL merupakan forum kolaborasi yang dibentuk dan dikelola oleh pemerintah kabupaten untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Program yang dirancang disesuaikan berdasarkan keunggulan daerah masing-masing Kabupaten Lestari. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement