Garuda akan Angkut Pulang Jamaah Umrah yang Masih Berada di Arab Saudi

Ameidyo Daud Nasution
27 Februari 2020, 17:24
garuda indonesia, umrah, arab saudi
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Maskapai Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (23/1/2020). Dirut Garuda Irfan Setiaputra mengatakan (27/2) siap membawa pulang jemaah umrah yang terjebak di Arab Saudi.

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia akan membawa pulang jamaah yang telah tiba di Arab Saudi namun gagal menjalankan ibadah umrah. Ini lantaran otoritas negara Timur Tengah itu telah menyetop sementara kedatangan warga asing untuk beribadah maupun wisata demi mencegah masuknya virus corona Covid-19.

Direktur Utama Garuda, Irfan Setiaputra mengatakan telah mendengar kabar jemaah ditolak masuk Arab Saudi setibanya di sana. Makanya ia akan menyiapkan pesawat demi membawa mereka pulang ke Tanah Air.

Garuda saat ini melayani penerbangan umrah dan haji dengan rute menuju Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah dan Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdulaziz Madinah.

“Garuda tetap komitmen bawa pulang (jemaah). Jadi kami akan pergi (dengan penumpang) kosong dan bawa pulang,” kata Irfan di Jakarta, Kamis (27/2).

(Baca: Arab Saudi Tutup Pintu Umrah, Jemaah Sesaki Bandara Soetta)

Irfan juga enggan membahas berapa kerugian yang menimpa Garuda karena keputusan Arab Saudi ini. Namun ia menganggap kondisi seperti ini merupakan tantangan baik bagi Direksi maupun Komisaris maskapai pelat merah itu. “Kami belum hitung implikasinya, tapi jangan bahas untung dulu deh,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...