Menhub Jamin Maskapai Jemput Jamaah Umrah yang Terjebak di Arab Saudi

Ameidyo Daud Nasution
27 Februari 2020, 21:54
menhub, maskapai penerbangan, arab saudi
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (17/2/2020). Budi hari Kamis (27/2) menjamin jamaah umrah yang gagal masuk Arab Saudi akan dijemput oleh maskapai penerbangan ke Tanah Air.

Pemerintah memastikan ratusan jamaah umrah yang tertahan di Arab Saudi akan kembali ke Tanah Air. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan maskapai penerbangan bertanggung jawab untuk menjemput mereka.

Dari data Kemenhub, saat ini ada 500 jamaah umrah yang berangkat Bandara Internasional Soekarno Hatta dan telah tiba di Arab Saudi. Budi juga telah berkoordinasi dengan Menteri luar Negeri Retno P. Marsudi agar maskapai penerbangan bisa segera mendarat di Tanah Suci untuk menjemput mereka.

Dari keterangan Himpunan Penyelenggara Haji dan Umrah (Himpuh) selain Garuda Indonesia, ada maskapai Saudia yang lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno Hatta hari Kamis (27/2) siang. Namun baru Garuda yang menyampaikan akan menjemput kembali jamaah yang gagal masuk Negeri Petrodolar itu.

“Maskapai tanggung jawab menjemput kepulangan jamaah yang ada disana. Jadi itu tidak masalah,” jelas Menhub dalam keterangan resmi Kementerian Perhubungan, Kamis (27/2).

(Baca: Garuda akan Angkut Pulang Jamaah Umrah yang Masih Berada di Arab Saudi)

Budi hari ini juga menyambangi Bandara Soetta untuk meninjau jamaah yang gagal berangkat. Dia mengatakan dari 700 jamaah yang tertahan di bandara, 90% sudah kembali ke kampung halamannya masing-masing. “Jadi saya apresiasi agen perjalanan yang bertanggubng jawab,” kata dia.

Dia juga akan berkoordinasi dengan operator bandara yakni PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), dan maskapai untuk identifikasi jamaah yang terdampak. “Hari Senin (3/3) akan kami rapatkan dengan pihak terkait hak dan kewajiban yang harus dipenuhi,” kata Budi.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...