Rupiah Anjlok Menembus 14 Ribu per Dolar AS, BI Intervensi Pasar

Agustiyanti
27 Februari 2020, 15:03
bi, rupiah, nilai tukar, rupiah melemah 14 ribu, dolar AS, virus corona
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ilustrasi. Rupiah hingga pukul 14.52 WIB diperdagangkan di level Rp 14.005 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah pada perdagangan hari ini melemah hingga menembus level Rp 14 ribu per dolar AS. Bank Indonesia menyatakan telah masuk ke pasar guna menstabilkan rupiah.

Mengutip Bloomberg, rupiah melemah 0,47% ke posisi Rp 14.005 per dolar AS pukul 14.52 WIB. Padahal, rupiah sempat dibuka menguat tipis di posisi Rp 13.934 per dolar AS dari penurupan kemarin Rp 13.940 per dolar AS.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter BI Nanang Hendarsah menjelaskan pelemahan rupiah hari ini merupakan dampak dari pelepasan portofolio asing pada aset-aset di negara emerging market, termasuk Indonesia. Investor berpindah ke aset yang dinilai lebih aman seperti obligasi AS.

"Karena itu pembelian obligasi AS meningkat dan menyebabkan yield-nya turun 1,3%. Hampir seluruh aset finansial negara emerging market tertekan dan Indonesia masuk dalam satu basket portofolio," ujar Nanang kepada Katadata.co.id, Kamis (27/2). 

(Baca: Corona dan Empat Risiko Lain yang Mengancam Ekonomi Global)

BI pun meyakini setelah kekhawatiran global terhadap virus corona mereda, dana asing akan kembali masuk ke pasar keuangan Indonesia. Pasalnya, imbal hasil obligasi Indonesia saat ini masih merupakan yang tertinggi di antara negara emerging market.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...