Harga Pertamax Turun, Inflasi Februari Diramal Lebih Rendah

Agatha Olivia Victoria
2 Maret 2020, 08:21
inflasi, harga pertamax, bps
Ilustrasi. Inflasi pada Februari diperkirakan mencapai 0,16% secara bulanan, turun dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 0,39%.

Inflasi pada Februari diperkirakan mencapai 0,16% secara bulanan, turun dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 0,39%.  Perkiraan inflasi yang lebih rendah terutama ditopang oleh penurunan harga bahan bakar minyak terutama jenis Petramax.

"Penurunan disebabkan oleh kembali menurunnya harga Pertamax pada awal Februari seiring dengan melemahnya harga minyak dunia," ujar Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede kepada Katadata.co.id, Senin (2/3).

Pada awal Februari, PT Pertamina kembali menurunkan harga Pertamax sebesar Rp 200 menjadi Rp 9.00o per liter untuk wilayah Jakarta dan lainnya. Josua juga memperkirakan inflasi tahunan Februari mencapai 2,86%, meningkat dari bulan sebelumnya yang tercatat 2,68%.

Selain didukung oleh komponen harga yang diatur pemerintah, inflasi Februari  yang rendah juga didukung relatif stabilnya inflasi harga yang bergejolak. Sejumlah harga pangan tercatat turun, seperti harga cabai rawit 7,38% dan telur ayam t,13%.

(Baca: Pasar Saham Asia Masih akan Rontok Tertekan Dampak Virus Corona )

Adapun kenaikan harga terjadi pada bawang putih 44,12%, bawang merah 5,7%, dan cabai merah 5,14%.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...