Jumlah Turis Asing Januari 2020 Turun di Tengah Wabah Virus Corona

Agatha Olivia Victoria
2 Maret 2020, 14:06
virus corona, virus korona, wisatawan
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Kawasan watersport Tanjung Benoa, Badung, Bali, Selasa (7/1/2020). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah turis asing pada Januari 2020 hanya 1,27 juta orang atau anjlok 7,62% dari Desember 2019.

Pemerintah mulai menganggap wabah virus corona Covid-19 berdampak terhadap turunnya kunjungan wisatawan mancanegara ke RI. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah turis asing pada Januari 2020 hanya 1,27 juta orang atau anjlok 7,62% dari Desember 2019.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Yunita Rusanti menyebut kasus ini erat kaitannya dengan munculnya wabah corona di Tiongkok sejak akhir tahun lalu. Dari data BPS, angka kedatangan turis dari Singapura, Malaysia, Australia, Filipina, Thailand, Hong Kong, India, dan Jepang mengalami penurunan secara bulanan.

(Baca: Jokowi Bantah Insentif Pariwisata Tambah Risiko Penyebaran Corona)

Jumlah wisman dari Malaysia minus 13,8% secara bulanan. Sedangkan Penurunan lebih besar dialami wisatawan asal Singapura dengan minus 33,1% sejak Desember 2019. Sedangkan jumlah wisman dari Tiongkok masih tumbuh 17,5% secara bulanan, namun hanya menanjak 1,46% secara tahunan.

"Sehingga kalau dilihat data mingguan terlihat di minggu keempat memang terjadi penurunan jumlah wisman," kata Yunita dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (2/3).

(Baca: Jokowi Nyatakan 2 WNI di Indonesia Positif Virus Corona)

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...