Panik Belanja Akibat Wabah Corona, Peretail Jamin Stok Barang Cukup

Image title
Oleh Ekarina
2 Maret 2020, 20:34
Imbau Masyarakat Tak Panik, Asosiasi Toko Retail: Stok Sembako Aman.
ANTARA FOTO/R. Rekotomo
Seorang pengunjung tengah berbelanja di gerai retail. Masyarakat diimbau agar tidak panik dengan membeli kebutuhan berlebihan, karena stok barang yang dimiliki gerai retail saat ini dalam jumlah cukup.

Virus corona telah menjangkit ke Indonesia setelah dua warga negara Indonesia (WNI) diketahui positif terinfeksi virus. Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) menghimbau masyarakat agar tidak panik dengan membeli kebutuhan berlebihan, karena stok barang yang dimiliki gerai retail saat ini dalam jumlah cukup.

Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo Iduansjah mengatakan, persediaan barang di gerai anggota himpunan retail ini cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Kami telah berkoordinasi dengan asosiasi produsen dan supplier distributor untuk memastikan persediaan guna mengantisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat," kata  dalam keterangan resmi, Senin (2/3).

Himpunan pengusaha yang beranggotakan lebih dari 200 perusahaan retail dengan sebaran lebih dari 50 ribu gerai retail di seluruh Indonesia ini berkomitmen mendukung pemerintah dalam mengambil langkah-langkah yang diperlukan atas persoalan kesehatan global yang merebak di seluruh dunia.

(Baca: Selamatkan Rupiah dari Corona, BI Borong Surat Utang Negara Rp 103 T)

Hal senada juga diungkap Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy N. Mandey. Pihaknya menghimbau masyarakat Indonesia tidak melakukan panic buying akibat fobia wabah corona di Indonesia.

Menurutnya, anggota peritel modern selalu siap untuk hadir dan memenuhi kebutuhan pangan maupun non pangan masyarakat di seluruh Indonesia.

"Karena tindakan yang berlebihan ini justru membuat kepanikan baru di saat seluruh kebutuhan masyarakat sebetulnya dapat terpenuhi," ujar Roy dalam keterangan resmi, Senin (2/3).

Vice President Corporate Communications Transmart Carrefour Satria Hamid juga mengatakan, kendati terjadi lonjakan pembelian saat ini, pihaknya memastikan hingga saat ini tidak ada kenaikan harga.

Stok seluruh kebutuhan juga dipastikan masih akan mencukupi, sehingga masyarakat diminta untuk melakukan pembelian dengan bijak.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...