Virus Corona Meluas, Kemenkes Singapura Imbau Rajin Bersihkan Ponsel

Cindy Mutia Annur
2 Maret 2020, 16:05
Virus Corona Meluas, Kemenkes Singapura Imbau Rajin Bersihkan Ponsel
ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Garcia Rawli
Ilustrasi, warga membeli masker pelindung di sebuah apotek saat negara tersebut sedang terjadi penularan virus korona baru, di Beijing, Tiongkok, Kamis (20/2/2020).

Virus corona akhirnya menginfeksi dua Warga Negara Indonesia atau WNI di Depok, Jawa Barat. Selain mencuci tangan, Kementerian Kesehatan Singapura sempat mengungkapkan pentingnya membersihkan ponsel secara teratur untuk mencegah penyebaran covid-19.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat tidak panik, meski dua WNI terinfeksi virus corona. “Dicek tadi pagi, saya dapat laporan dari Pak Menteri Kesehatan (Terawan Agus Putranto) bahwa ibu ini dan putrinya positif corona,” kata dia di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/3).

Advertisement

Kedua WNI itu merupakan seorang ibu berusia 64 tahun dan putrinya 31 tahun. Keduanya sempat melakukan kontak dengan warga negara Jepang berusia 41 tahun yang terinfeksi virus corona saat berada di Malaysia.

Jokowi meminta masyarakat tidak panik, sebab pemerintah menangani kedua WNI tersebut. Sudah ada lebih dari 100 rumah sakit yang memiliki ruang isolasi dengan standar yang baik. Peralatan yang dimiliki Indonesia pun bertaraf internasional.

(Baca: Virus Corona Masuk Indonesia, Siapa yang Wajib Pakai Masker?)

Kasus infeksi virus corona lebih dulu terdeteksi di negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia. Kementerian Kesehatan Singapura mengimbau masyarakat rajin membersihkan ponsel dan mencuci tangan.

Direktur Pelayanan Medis Kementerian Kesehatan Singapura Kenneth Mak mengatakan, tidak ada bukti bahwa virus corona bisa menyebar melalui udara. Karena itu, penggunaan masker belum tentu efektif.

Menurut dia, salah satu hal yang harus dilakukan yakni rutin membersihkan ponsel. “Waspadai hal-hal yang biasa Anda sentuh, yakni ponsel. Jadi mengenakan masker bukanlah hal yang paling penting,” demikian dikutip dari The Straits Times, beberapa waktu lalu (12/2).

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement