Wabah Virus Corona, Bank Dunia dan IMF Tawarkan Bantuan Pinjaman

Agustiyanti
3 Maret 2020, 08:00
IMF, virus corona, bank dunia
ANTARA FOTO/REUTERS/cnsph
Ilustrasi. Wabah virus corona telah membunuh lebih dari 3.000 orang dengan jumlah kasus mencapai lebih dari 90 ribu.

IMF dan Bank Dunia menyatakan siap membantu negara-negara anggota kedua lembaga itu, terutama negara miskin untuk mengatasi tragedi manusia maupun tantangan ekonomi yang ditimbulkan oleh virus corona.

Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva dan Presiden Bank Dunia David Malpass dalam pernyataan bersama mengatakan kedua lembaga terlibat aktif berkomunikasi dengan lembaga-lembaga internasional dan otoritas terkait masalah yang ditimbulkan virus corona. Adapun perhatian khusus akan diberikan kepada negara-negara miskin yang memiliki sistem kesehatan lemah.

"Kami akan menggunakan instrumen yang tersedia semaksimal mungkin, termasuk pembiayaan darurat, saran kebijakan, dan bantuan teknis," ujar kedua dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (3/3).

(Baca: Kematian akibat Corona di AS Bertambah, Wall Street Justru Melesat)

Kedua lembaga ini menyebut memiliki fasilitas pembiayaan cepat untuk menanggapi kebutuhan negara yang tengah mengalami masalah akibat virus corona.

"Penguatan sistem pengawasan dan respons kesehatan negara sangat penting untuk menahan penyebaran wabah ini dan masa depan," ujar keduanya.

Wabah virus corona telah membunuh lebih dari 3.000 orang dengan jumlah kasus mencapai lebih dari 90 ribu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...