Fed Pangkas Bunga Tangkal Dampak Virus Corona, Wall Street Rontok

Agustiyanti
4 Maret 2020, 07:17
Fed, bunga as, suku bunga acuan as, fed fund rate, pasar saham as, wall street, virus corona
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. Fed memangkas bunga acuan sebesar 0,5% menjadi antara 1% hingga 1,25%.

Bank Sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve memangkas suku bunga pada Selasa (2/4) guna menangkal dampak virus corona terhadap ekonomi terbesar dunia tersebut.Langkah darurat ini gagal untuk menenangkan pasar yang khawatir perlambatan ekonomi bakal lebih dalam dan bertahan lama.

Tiga indeks utama Wall Street ditutup anjlok hampir 3%. Dow Jones Industrial Average turun 2,94%, S&P 500 Index 2,81%, dan Nasdaq Composite 2,99%.

Advertisement

Sehari sebelumnya, ketiga indeks ini berhasil melesat dengan Dow Jones mencatatkan kenaikan harian tertinggi sepanjang sejarah mencapai 7%.

Gubernur Fed Jerome Powell menegaskan bahwa ekonomi AS tetap kuat, tetapi penyebaran virus corona telah menyebabkan perubahan pada prospek pertumbuhan ekonomi. Fed memutuskan untuk menurunkan bunga acuan 50 bps menjadi di antara 1% hingga 1,25%.

"Virus dan langkah-langkah yang diambil untuk menahannya pasti akan membebani aktivitas ekonomi, baik di dalam maupun luar AS untuk beberapa waktu," kata Powell dalam konferensi pers, dikutip dari Reuters, Rabu (4/3).

(Baca: Tangkal Dampak Corona, Pemerintah Siapkan Stimulus Ekspor Impor)

Ini adalah penurunan suku bunga pertama di luar pertemuan rutin bank Sentral AS sejak puncak krisis keuangan 2008.

"Kami sampai pada pandangan bahwa ini saatnya untuk bertindak mendukung ekonomi. Saya tahu bahwa ekonomi AS kuat dan saya berharap kita akan kembali ke pertumbuhan dan pasar tenaga kerja yang solid," kata Powell.

Ia juga mengakui bahwa prospek ekonomi tidak pasti dan situasi dapat berubah-ubah.

Pelonggaran bank sentral dapat mendorong permintaan lantaran menurunkan biaya pinjaman. Namun, Powell mengingkatkan kebijakannya tidak dapat memperbaiki rantai pasokan global yang terganggu atau meyakinkan orang untuk terbang, menghadiri pertemuan atau bahkan pergi ke sekolah, terutama jika pemerintah daerah atau perusahaan melarang kegiatan tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement